TKB90: 98.73%

6 Kesalahan dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang

March 18th, 2021

Yang namanya usaha pasti berhubungan erat sama mengelola keuangan. Sayangnya, banyak pelaku usaha belum paham betul tentang cara mengelola keuangan usaha dagang secara tepat. Buat kamu yang baru mau mulai atau sedang usaha dagang, berikut ini beberapa informasi yang wajib disimak.

Sebelum bicara lebih lanjut tentang gimana sih cara mengelola keuangan usaha dagang, kamu harus tahu pengertian dari usaha dagang itu sendiri.

Usaha dagang adalah sebuah kegiatan jual beli barang jasa yang bertujuan mencari keuntungan. Hal ini termasuk melakukan kegiatan sebagai perantara dari kegiatan jual beli. 

Baca juga: Gimana Strategi Omnichannel yang Tepat?

Jenis-jenis usaha dagang

Ada berbagai macam contoh usaha dagang. Tapi secara garis besar, usaha dagang bisa dibagi ke dalam beberapa klasifikasi sesuai skala usahanya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

  • Usaha dagang level eceran

Buat kamu yang baru mulai coba usaha dagang, bisa mulai dengan jualan secara eceran dulu. Misalnya membuka usaha warung kecil-kecilan yang isinya jualan eceran berbagi macam macam kebutuhan pokok, seperti sabun, sampo, minyak goreng, beras, dan bumbu sachet.

Pastikan juga kamu sudah survei apakah di sekitarmu sudah ada usaha dagang yang serupa? Kalau sudah ada, lebih baik pertimbangan buka usaha dagang jenis lain. 

  • Usaha dagang level agen

Jenis usaha dagang yang ini skalanya lebih tinggi dibandingkan jualan eceran. Usaha ini punya jaringan yang lebih luas karena kamu bisa menjual barang ke banyak wilayah dalam skala yang lebih besar.

6 Kesalahan dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang

Misalnya, kamu bisa coba jadi agen galon air mineral dan gas elpiji. Kalau sudah bisa jadi agen yang cukup besar, kamu bisa menggerakan agen-agen kecil atau level eceran yang akan berdampak ke jangkauan usaha yang lebih luas. 

  • Dropshipping

Kamu tentu pernah dengar istilah dropshipping. Nah, usaha dagang jenis ini sebenarnya bisa dilakukan siapa saja. Kelebihannya yaitu usaha dropshipping hanya butuh modal kecil atau bahkan gak perlu modal.

Dalam usaha jenis ini, kamu lebih berperan sebagai agen pemasaran. Biasanya cuma modal semacam katalog produk, kamu bisa langsung jualan kepada calon pembeli tanpa perlu stok barang. 

Baca juga: 4 Perilaku Belanja Gen Z yang Peritel Mesti Pahami

  • Ekspor impor

Ini jenis usaha dagang yang levelnya intermediate. Kalau mau usaha ekspor impor kamu perlu punya jaringan yang luas hingga ke luar negeri. Hal ini karena proses transaksi penjualan akan melibatkan penjual dan pembeli dari luar negeri.

Di usaha ini, kamu juga perlu mencari konsumen dari luar negeri yang ingin membeli barang dari dalam negeri. Atau sebaliknya, kamu mencari pembeli dalam negeri yang ingin membeli barang dari luar negeri.

Nah, setelah tahu jenis-jenis usaha dagang berdasarkan skala, sekarang saatnya membahas enam kesalahan dalam usaha dagang yang berakibat kesalahan pula pada cara mengelola keuangan nya.

Kesalahan dalam cara mengelola usaha dagang dan keuangan nya

1. Salah pilih jenis usaha 

Kesalahan pertama yang umum terjadi yaitu salah memilih jenis usaha. Misalnya, kamu gak suka masak, tapi karena lagi booming usaha rice bowl, kamu nekat jualan itu juga. Padahal jualan masakan harus didukung kepiawaian memasak.

2. Kurang visi misi usaha

Kesalahan kedua yaitu kurangnya visi dan misi usaha. Ketika membuka usaha dagang, kamu sebaiknya membuat visi misi terkait bisnis itu. Misalnya, ketika mencoba buka kedai kopi, pastikan kamu punya visi misi yang jelas.

Misalnya, visi misinya ingin membuka kedai kopi yang nyaman agar orang betah kerja di situ. Artinya, kamu harus menyiapkan tempat dengan fasilitas sofa dan WiFi. Jangan sampai menjalankan usaha dengan seadanya tanpa visi misi karena usaha kamu akan cenderung sia-sia. 

3. Salah menetapkan harga

Ini adalah salah sumber petaka terkait kesalahan dalam cara mengelola keuangan usaha dagang. Harga barang yang kamu jual akan berdampak pada keuntungan yang diraih.

6 Kesalahan dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang

Oleh sebab itu, penentuan harga untuk barang atau jasa harus dilakukan hati-hati. Misalnya, kamu jualan kopi dalam kemasan literan. Agar kopi laris, kamu memasang harga jauh di bawah pasaran.

Ketika hal ini dilakukan terus-menerus, usaha kamu akan sulit untuk mendapatkan profit. Salah menetapkan harga merupakan cara yang salah terkait mengelola keuangan usaha dagang.

4. Sumber daya dan modal

Kesalahan keempat yaitu sumber daya dan modal. Ini juga cara yang buruk dalam mengelola keuangan usaha dagang. Ketika buka usaha, ada dua hal yang perlu kamu siapkan dengan baik, yaitu sumber daya dan modal.

Bayangkan jika kamu buka usaha cuci mobil, tapi sumber daya manusianya cuma kamu sendirian. Modalnya juga seadanya, cuma modal alat cuci mobil di rumah. Wah, usaha ini sepertinya susah untuk berkembang.

5. Gak belajar dari orang lain

Ikut-ikutan buka usaha dagang yang lagi viral memang asyik. Apalagi jika permintaan terhadap barang itu cukup besar. Tapi kamu perlu lihat dulu usaha sejenis di sekitar.

Apakah sudah terlalu banyak persaingan usahanya? Bagaimana performa dan kelebihan kompetitor kamu? Ketika sudah menganalisis kelemahan dan kelebihan kompetitor, kamu bisa membuat terobosan baru untuk usaha kamu berdasarkan hal itu.

Baca juga: 7 Kunci Sukses dalam Berbisnis Ritel

6. Salah dalam cara mengelola keuangan

Salah satu kesalahan pengusaha pemula yaitu salah ketika dalam cara mengelola keuangan usaha dagang. Hal penting yang perlu dilakukan pertama-tama yaitu tentukan target laba yang akan dicapai. Kamu bisa mulai dengan menentukan berapa target keuntungan yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, kamu juga perlu membuat system pembukuan keuangan yang baik. Gak perlu pake cara yang ribet, sekarang sudah banyak tersedia aplikasi pencatatan keuangan di Play Store dan App Store.

Dengan membuat laporan keuangan sederhana kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat. Misalnya, mudah ketika menganalisis rugi-laba, bisa jadi acuan untuk strategi bisnis berikutnya, jadi pertimbangan apakah usahacukup menguntungkan untuk dilanjut atau ditutup, bisa menentukan alokasi anggaran finansial usaha, dsb

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan supaya gak salah dalam hal cara mengelola keuangan usaha dagang yaitu terapkan efisiensi keuangan usaha.

6 Kesalahan dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang

Efisiensi keuangan ini sangat penting agar kamu bisa menghemat berbagai macam biaya. Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan, batasi penggunaan listrik untuk hal-hal yang gak terlalu penting. 

Kerjakan hal-hal yang sekiranya bisa kamu kerjakan sendiri tanpa perlu menggaji orang lain. Selain itu, coba berhemat dengan cara gak terlalu boros ketika mendapatkan keuntungan besar dari penjualan. 

Tapi gimana caranya kalau kamu ingin memberikan penghargaan untuk diri sendiri? Sebenarnya gak apa-apa kalau kamu beli barang impian tapi dengan catatan dicicil agar gak memberatkan keuangan bulanan.

Tapi sebaiknya kamu pilih cicilan yang gak memberatkan juga ya. Sebagai rekomendasi, kamu bisa mencicil barang impian tanpa bunga di aplikasi EmpatKali.

Butuh referensi tentang cara mengelola keuangan usaha dagang? Bisa tambahkan pembayaran Empatkali

EmpatKali adalah layanan cicilan online tanpa kartu kredit dan tanpa bunga selamanya.

Pengguna bisa beli produk di ratusan partner merchant kami, dan bayar empat kali, 25% dulu di awal, 75% sisanya dengan skema cicilan per dua minggu atau per bulan.

Penasaran mau cobain aplikasi paylater EmpatKali? Download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store.

Atau mungkin kamu seorang pelaku bisnis dan ingin menambahkan EmpatKali guna meningkatkan penjualan? Kamu bisa kunjungi halaman ini