TKB90: 98.73%

4 Rahasia Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Remaja

March 15th, 2021

Bagaimana cara mengatur keuangan pribadi bagi remaja yang tepat? Tapi sebelum itu, tahukah kamu kalau rata-rata orang terkaya di dunia sekarang ini adalah mereka yang mampu mengatur keuangan pribadinya sejak remaja?

Fakta ini bisa jadi pedoman buat kamu yang masih remaja atau yang masih berusia 20 tahunan untuk lebih serius dalam mengelola keuangan pribadi. 

Baca juga: Ini Alasan Milenial Suka Bayar pakai Aplikasi Paylater

Apa itu keuangan pribadi?

Keuangan pribadi adalah cara mengatur keuangan individu (termasuk remaja) yang terdiri dari berbagai macam instrumen, seperti pengeluaran, tabungan, budgeting, investasi, hingga perencanaan pensiun.

Agar kamu memiliki masa depan finansial yang baik, ada baiknya jika dari sejak muda kamu sudah punya rencana keuangan pribadi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

Usia remaja bisa dikatakan menjadi usia yang tepat untuk belajar bertanggung jawab tentang mengelola keuangan pribadi. Walaupun keuangannya masih dibantu orangtua, kamu tetap perlu belajar mengelola anggaran sendiri. 

Hal ini bisa dimulai dari belajar dasar-dasar keuangan pribadi yang paling gampang, seperti membuat rencana anggaran sederhana dan melakukan pengelolaan keuangan harian.

Kamu juga bisa mulai menetapkan tujuan finansial misalnya menabung agar bisa membeli suatu barang. Jika sejak remaja kebiasaan ini diasah, kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang melek finansial. 

Godaan dalam hal mengatur keuangan pribadi saat remaja

cara mengatur keuangan pribadi remaja

Bicara tentang cara mengatur keuangan pribadi untuk remaja memang gak mudah. Ego anak muda yang ingin mencoba berbagai macam hal terkadang membuat mereka cenderung konsumtif. Selain itu, dunia remaja juga erat dengan banyaknya godaan-godaan duniawi yang membuat terlena. 

Salah satu godaan remaja dalam mengatur keuangan yaitu takut ketinggalan tren atau istilah gaulnya FOMO (Fear of Missing Out). FOMO membuat remaja rela melakukan apa saja agar bisa membeli barang yang lagi nge-tren. Misalnya, ketika sedang tren sepatu New Balance, banyak remaja yang rela membongkar isi tabungannya demi bisa beli sepatu itu.

Memiliki barang kekinian yang sedang ramai diperbincangkan memang akan menjadi kepuasaan sendiri. Tapi, biasanya itu hanya berupa kepuasan sesaat. Seringkali barang yang kamu beli saat itu, sekarang hanya jadi pemanis pajangan di lemari. 

Godaan lainnya yaitu jalan-jalan. Kegiatan jalan-jalan memang jadi bagian dari gaya hidup remaja masa kini. Berfoto di tempat-tempat yang Instagramable menjadi kebanggaan tersendiri bagi remja. Tapi apa remaja gak boleh jalan-jalan? 

Tentu boleh dong selama jalan-jalan itu sudah direncanakan dan sesuai budget yang disiapkan. Yang gak boleh itu adalah ketika kamu lihat teman di Instagram posting foto lagi jalan-jalan ke luar negeri.

Lalu, kamu ikut-ikutan beli tiket liburan ke sana biar gak kalah eksis. Itu hal yang salah karena bisa menganggu pengelolaan keuangan kamu. Tapi, gak semua anak muda identik dengan foya-foya kok. 

Contoh remaja yang sukses mengatur keuangan pribadi

Kamu bisa melihat beberapa contoh anak muda yang sejak remaja cara  mengatur keuangan pribadi nya baik sehingga bisa sesukses sekarang. Salah satu contohnya yaitu Kylie Jenner.

Di usianya yang masih 20-an tahun, Kylie sukses menjadi miliarder muda dengan pendapatan sekitar Rp 14 triliun. Pendapatan itu didapat melalui bisnis kosmetiknya yang bernama Kylie Cosmetics. Kepiawaian Kylie dalam berbisnis tentu berhubungan erat dengan cara mengatur keuangan pribadi yang baik sejak remaja hingga sekarang. 

cara mengatur keuangan pribadi remaja

Contoh lainnya yaitu Gustav Magnar Witzoe. Nama ini mungkin masih asing di telinga kamu. Tapi, kamu pasti akan kaget dengan jumlah kekayaannya yang mencapai Rp 42 triliun di usia yang masih 20-an tahun!

Witzoe adalah anak muda asal Norwegia yang menjadi miliuner berkat usaha produksi salmon terbesar di dunia yang bernama SalMar ASA. Perusahaan ini mengekspor salmon dalam keadaan yang sudah bersih dan beku dengan teknologi modern.

Gak puas cuma usaha salmon, Witzoe mulai merambah menjadi investor di dunia startup, yaitu di Gobiand yang merupakan pesaing Snapchat dan Airbnb Keybutler. Kejelian dia melihat peluang terasah karena sejak remaja Witzoe terbiasa dengan cara mengatur keuangan pribadi dengan baik. 

Baca juga: Investasi Sejak Muda, Masa Tua Terjamin

Begini cara mengatur keuangan pribadi untuk remaja

Terus bagaimana sih cara mengatur keuangan pribadi bagi remaja yang tepat. Ada beberapa tips yang bisa kamu simak nih. 

  • Bikin laporan keuangan sederhana 

Kalau bicara laporan keuangan, di benak kamu pasti langsung terbayang ribetnya mencatat berbagai aliran dana yang masuk dan keluar ya? Kalau mencatat di buku atau kertas memang lumayan ribet. Belum lagi kalau buku itu ketumpahan air jadi rusak deh catatan kamu.

Untungnya sekarang sudah zaman digital, aplikasi pencatatan keuangan sudah banyak tersedia di Play Store. Beberapa aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu coba yaitu BukuKas atau BukuWarung.

Kedua aplikasi ini gratis dan memiliki banyak fitur yang membantu kamu mengelola catatan keuangan harian maupun bulanan.

  • Buat list prioritas 

Kamu sebaiknya bisa membedakan mana daftar yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Loh, bedanya apa? Daftar kebutuhan adalah hal-hal yang memang kamu butuhkan dan harus masuk ke dalam skala prioritas. Misalnya, kebutuhan makan, minum, pakaian sehari-hari. 

Sementara daftar keinginan adalah hal-hal yang masuk ke dalam keinginan kamu dan gak harus masuk ke skala prioritas. Misalnya, keinginan kamu makan di restoran mewah, minum kopi kekinian, atau beli pakaian bermerek yang lagi nge-tren.

  • Belajar cari penghasilan tambahan

Usia remaja bukan berarti kamu gak bisa mulai cari penghasilan tambahan loh. Ada beberapa profesi yang memungkinkan kamu mendulang pundi-pundi cuan. Misalnya, kalau kamu suka fotografi, coba tawarkan jasa kamu ke UKM-UKM yang butuh jasa fotografi makanan. 

Atau kalau kamu bisa menulis artikel dengan baik, silakan cari lowongan pekerjaan di situs-situs freelance. Selain itu, kamu juga bisa mulai usaha kecil-kecilan, misalnya jualan rice bowl sei sapi.

Usaha ini  bisa dilakukan secara offline di rumah maupun online dengan mendaftarkan usaha kamu di Grabfood atau Gofood. 

  • Buat rencana keuangan jangka pendek dan panjang 

Pernah gak sih kamu tiba-tiba pengen beli suatu barang yang harganya lumayan mahal tapi belum ada uangnya? Nah, hal ini bisa kamu capai kalau punya rencana keuangan yang baik. 

Misalnya, pas kamu ingin beli PS5, kamu bisa mulai membuat rencana keuangan jangka pendek dengan cara menabung konsisten setiap minggu. Hal serupa juga berlaku jika kamu ingin beli barang yang harganya lebih mahal, maka kamu perlu melakukan rencana keuangan jangka panjang. 

Tapi, bagaimana jika barang yang kamu inginkan sedang diskon cuci gudang dan waktunya terbatas? Daripada kamu bongkar celengan, lebih baik bayar pakai layanan EmpatKali. Biar cashflow kamu tetap aman, kamu bisa nyicil barang di EmpatKali tanpa bunga pula. 

Baca juga: Mengatur Keuangan Pribadi dengan Aplikasi EmpatKali

EmpatKali adalah aplikasi cicilan tanpa bunga yang mempermudah urusan pembayaran dari setiap pembelanjaan barang favoritmu. Kamu bisa transaksi online di merchant partner EmpatKali sekarang untuk melengkapi koleksi favoritmu. 

Baca juga: Cara Belanja dan Bayar pakai EmpatKali

Sistem kerjanya lumayan mirip dengan kartu kredit, hanya saja EmpatKali gak butuh kartu fisik dan tanpa pungutan bunga sama sekali. Kamu juga gak akan dibebani dengan biaya tahunan atau langganan dan sebagainya. Tertarik menggunakan layanan EmpatKali? 

Download aplikasi EmpatKali di Play Store atau App Store