TKB90: 98.73%

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp 2 Juta

March 10th, 2021

Benarkah untuk bertahan hidup di kota besar perlu gaji minimal Rp 5 juta per bulan? Gaji Rp 2 juta sebenarnya bisa aja cukup, tapi tergantung gimana cara kamu mengatur keuangan.

Banyak cerita orang yang gajinya Rp 10 juta akhirnya tetap kewalahan mengatur keuangan bulanannya. Tapi, banyak juga cerita orang yang gaji nya Rp 2 juta bisa sukses mengatur keuangan bulanannya. Bagaimana caranya? Nah, artikel ini akan membahas cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp 2 juta. 

Pengertian Gaji

Sebelum membahas caranya, kamu perlu tahu dulu pengertian dari gaji itu sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring, ada dua arti dari gaji.

Arti pertama yaitu gaji adalah upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap. Arti kedua yaitu gaji adalah balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk waktu uang berdasarkan waktu tertentu. 

Baca juga: Tips Keuangan dari Sang Legenda

Dari pengertian tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa gaji adalah upah yang akan diterima setelah kita melakukan sebuah pekerjaan. Nah, besaran gaji seseorang akan bergantung banyak faktor.

Mulai dari jenis pekerjaan, perusahaan, skill, hingga pengalaman bekerja. Hal ini yang biasanya membedakan gaji antara si A dan si B. Selain itu, standar gaji juga diatur oleh pemerintah salah satunya melalui penetapan UMP (Upah Minimum Provinsi).

Jika suatu kabupaten atau kota belum bisa mengusulkan angka Upah Minimum Provinsi (UMP) dalam batas waktu yang ditentukan, maka gubernur menjadikan UMP sebagai acuan untuk pemberian upah.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah daftar 10 provinsi dengan UMP tertinggi di Indonesia pada tahun 2020 seperti dikutip dari data Kementerian Ketenagakerjaan. 

  1. DKI Jakarta Rp 4.276.349 
  2. Papua Rp 3.516.700 
  3. Sulawesi Utara Rp Rp 3.310.723 
  4. Bangka Belitung Rp 
  5. Rp 3.230.022 Aceh 
  6. Rp 3.165.030 
  7. Papua Barat Rp 3.134.600 
  8. Kepulauan Riau Rp 3.103.800 
  9. Sumatera Selatan Rp 3.103.800 
  10. Sulawesi Selatan Rp 3.103.800 
  11. Kalimantan Utara Rp 3.000.803

Kamu mungkin bertanya-tanya kok gaji bulanan yang kamu terima hanya di Rp 2 juta, sedangkan data di atas angkanya di atas Rp 3 juta semua? Nah, jawabannya bisa jadi karena kamu bekerja di provinsi yang UMP/UMK-nya di kisaran Rp 2 juta.

Tapi tenang, dengan gaji Rp 2 juta kamu bisa kok mengatur keuangan rumah tangga tanpa perlu kalang kabut di akhir bulan. Bagaimana cara nya? 

Baca juga: Cara Menghemat Uang Gajian biar Gak Cepat Habis

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Pertama-tama kamu perlu tahu dulu jenis-jenis pengeluaran rumah tangga yang biasa keluarkan setiap bulannya. Setidaknya ada lima pengeluaran utama rumah tangga yang harus kamu tahu. 

  • Mengatur pengeluaran untuk tempat tinggal

mengatur keuangan gaji 2 juta

Buat kamu yang masih tinggal di rumah orangtua, pengeluaran ini mungkin bisa dikesampingkan ya. Tapi buat kamu yang kerjanya jauh dari rumah dan terpaksa ngekost, harus menyisihkan gaji untuk pengeluaran bulanan ini.

Nah, kalau gaji kamu sebulan Rp 2 juta, paling gak kamu harus cari kostan dengan budget maksimal di Rp 300 ribu. Usahakan cari kostan jangan yang terlalu mewah, pilih yang standar aja yang penting aman dan nyaman. Dari gaji Rp 2 juta dipotong biaya kostan Rp 300 ribu, sekarang sisa uang gaji kamu Rp 1,7 juta. 

  • Mengatur pengeluaran untuk konsumsi atau makan

mengatur keuangan gaji 2 juta

Nah, dengan sisa gaji Rp 1,7 juta sekarang kamu harus bisa mencukupi kebutuhan makan dalam sebulan. Kamu bisa menyisihkan maksimal budget di Rp 450.000 untuk biaya konsumsi sebulan.

Kalau di kostan ada dapur bersama, kamu bisa lebih hemat masak sendiri di kostan. Dengan pengeluaran tersebut, artinya sisa uang gaji kamu sekarang Rp 1.250.000. 

  • Mengatur pengeluaran untuk transportasi

mengatur keuangan gaji 2 juta

Dengan asumsi nge-kost, sebenarnya kamu bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi. Misalnya, kalau jarak antara kostan dan kantor gak terlalu jauh, kamu bisa jalan kaki atau naik sepeda.

Tapi kalau jaraknya lumayan jauh kamu bisa menyisihkan pengeluaran untuk transportasi Rp 250 ribu per bulan. Nah, sekarang sisa gaji kamu Rp 1.000.000 

  • Mengatur pengeluaran untuk hiburan atau paket internet

mengatur keuangan

Kamu tentu akan bosan kalau kehidupannya cuma pulang-pergi dari kostan ke kantor setiap hari. Nah, kamu bisa menyisihkan pengeluaran untuk hiburan maksimal Rp 200.000 per bulan. Sisa dari budget ini juga bisa kamu gunakan untuk beli pulsa atau paket data internet ya.

Contoh hiburan yang bisa kamu lakukan yaitu beli buku kesukaan, menonton film ke bioskop, atau berlangganan video on demand berbayar seperti Netflix atau Disney + Hotstar. Nah, setelah dipotong pengeluaran itu, sekarang sisa gaji kamu Rp 800.000.

  • Mengatur pengeluaran untuk tabungan

mengatur keuangan

Ini adalah pengeluaran yang sebaiknya gak kamu lupakan setiap bulannya. Dengan sisa gaji Rp 800 ribu, kamu bisa menyisihkan pengeluaran untuk tabungan Rp 500 ribu setiap bulannya. Bayangkan jika kamu konsisten menabung Rp 500 ribu setiap bulan selama setahun, kamu akan mengumpulkan uang Rp 6 juta di akhir tahun nanti. 

Dengan adanya pengeluaran untuk tabungan, sekarang sisa gaji kamu Rp 300 ribu. Sisa uang ini sebaiknya kamu simpan sebagai dana darurat. Siapa tahu sewaktu-waktu kamu butuh biaya untuk berobat, orangtua kamu butuh bantuan, atau kebutuhan mendesak lainnya bisa menggunakan dana darurat ini. 

Pertanyaannya, bagaimana dengan kebutuhan konsumtif seperti membeli baju, celana, atau sepatu? Apakah tetap bisa dilakukan dengan gaji Rp 2 juta? Tentu bisa dong. Salah satu caranya kamu bisa menggunakan fasilitas BNPL (Buy Now, Pay Later) dari aplikasi EmpatKali

Apa Itu EmpatKali?

EmpatKali adalah aplikasi cicilan tanpa bunga yang mempermudah urusan pembayaran dari setiap pembelanjaan barang favoritmu. Kamu bisa transaksi online di merchant partner EmpatKali sekarang untuk melengkapi koleksi favoritmu. 

Baca juga: Cara Belanja dan Bayar pakai EmpatKali

Sistem kerjanya lumayan mirip dengan kartu kredit, hanya saja EmpatKali gak butuh kartu fisik dan tanpa pungutan bunga sama sekali. Kamu juga gak akan dibebani dengan biaya tahunan atau langganan dan sebagainya. Tertarik menggunakan layanan EmpatKali? 

Download aplikasi EmpatKali di Play Store atau App Store