TKB90: 98.73%

Bagaimana Milenial Ini Menghabiskan 100 Juta Tiap Bulannya

November 27th, 2020

EmpatKali collab sama Brodo lagi nih guys! Jika di kolaborasi sebelumnya kita melakukan giveaway, kali ini kita kerja sama bareng bikin video series berjumlah empat episode dengan tajuk “Money Talks“.

Video-video ini nantinya akan dirilis secara bertahap mulai hari ini (27 Nov) hingga akhir Desember di kanal youtube-nya Brodo, jadi pantengin terus ya guys supaya gak ketinggalan sama konten edukasi finansial dengan konsep unik yang dijamin gak ngebosenin.

Milenial Dengan Pendapatan 100 Juta Per Bulan

Di video pertama yang rilis hari ini, kita bahas tentang “Seseorang yang pendapatannya 100 juta per bulan“. Sosok yang secara sengaja kita sembunyikan identitasnya ini, sebut saja Bro S, menceritakan pengalamannya mengelola uang 100 juta per bulan.

  • Bagaimana Bro S menghabiskan 100 juta rupiah setiap bulannya

Bro S di awal video bercerita, bahwa pengeluaran bulanan nya terbagi dalam beberapa kategori berikut: pengeluaran harian, rumah tangga, orang tua, hobby, saving & investment, side hustle, dan emergency fund.

Sebagai tulang punggung keluarga dan juga harus menanggung biaya pengobatan orang tua, yang pertama-tama bro S adalah mengalokasikan dana ke kategori emergency fund dulu baru setelahnya memenuhi yang lain.

  • Bagaimana Bro S bisa sampai di posisi ini (seseorang dengan pendapatan 100 juta)

Sejak SMA, Bro S telah memantapkan hati untuk mengambil jurusan kuliah yang berfokus pada analisa data. Dan selama masa kuliah, ia pun juga rutin mengambil pekerjaan lepas dari situs-situs freelance ternama seperti upwork dan fiverr.

Berbekal portofolio serta kegigihannya semasa kuliah, mudah saja baginya untuk langsung terserap dunia kerja selepas kuliah. Setahun setelah bekerja di perusahaan pertamanya, ia masuk ke perusahaan digital terbesar di Jakarta. Mulai dari sinilah pendapatannya menanjak.

  • Rincian pendapatan yang ia peroleh dari awal kerja hingga sekarang

Gaji pertama yang Bro S terima adalah sebesar 6 juta, kemudian naik menjadi 8 juta sebelum pindah ke perusahaan kedua. Di perusahaan kedua, perusahaan digital terbesar di Jakarta, gajinya naik dua kali lipat menjadi 16 juta. Di tahun pertama di perusahaan kedua ini, gajinya naik lagi menjadi 20 juta. Tahun kedua 25 juta dan tahun ketiga, 30 juta.

Pendapatan sampingannya sebagai freelance tutor & counseling adalah sebesar 15 juta per bulannya. Bro S juga punya bisnis kuliner dengan penghasilan 4-8 juta per bulan. Dan terakhir adalah gaji dari kerja part-time dengan klien dari luar negeri, yaitu sebesar 40-60 juta per bulannya.

  • Tips mengelola keuangan versi Bro S

Di bagian akhir, Bro S cerita soal teknik pengelolaan keuangannya selama ini. Ia menggunakan aplikasi untuk memantau budget serta pengeluaran nya dengan rinci. Kembali ia menekankan tentang pentingnya menyiapkan dana darurat sebagai antisipasi atas kejadian-kejadian yang mungkin dapat menghantam kita kedepannya.

Keberadaan peer landing (support group yang saling membantu secara finansial) juga penting baginya. Dan tips terakhir darinya yang  adalah betapa pentingnya menetapkan target menabung. Menurut Bro S, menabung tiada gunanya jika kita tidak punya visual yang jelas tentang apa yang ingin kita capai dari uang yang kita kumpulkan.

Tonton versi videonya disini:

EmpatKali adalah aplikasi paylater dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit, tanpa bunga selamanya.

Kamu bisa beli produk di ratusan partner merchant kami, dan bayarnya empat kali, bayar 25% dulu di awal, 75% sisanya nanti.

Download aplikasi paylater EmpatKali di Play Store atau App Store