TKB90: 98.73%

Cara Mengelola Keuangan Dengan Skema Split Spending

October 21st, 2020

Tips tentang cara mengelola keuangan sudah banyak. Tapi jarang ada pembahasan yang secara khusus mengulas cara mengelola keuangan dalam lingkup sebatas pengeluaran saja.

Nasihat-nasihat umum seperti menabung, investasi, atau ajakan anti konsumtif belum cukup bagi individu yang selama ini kesulitan karena pengeluarannya kerap membengkak.

Di artikel tentang tips tentang cara mengelola keuangan kali ini akan fokus pada sisi pengeluaran. Dan cara mengatur pengeluaran yang untuk ini adalah sebuah skema dengan nama: Split Spending

Apa itu Split Spending?

Split spending adalah cara mengelola keuangan (pengeluaran) dimana pada intinya, budget spending kamu dalam satu bulan dipecah dan dibagi-bagi ke beberapa bulan berikutnya.

Jika kamu selama ini pusing mikirin pengeluaran bulanan terlalu besar dan berharap ada solusi agar setidaknya kamu bisa lebih tenang, split spending adalah solusi paling jitu.

Kenapa Cara Mengelola Keuangan dengan Skema Split Spending Ini Penting?

Pengeluaran kamu di satu bulan akan lebih rendah akibat alokasi sebagian atau seperempatnya ke bulan berikutnya, dan berikutnya lagi. Dan yang paling penting, ini tidak mengurangi kuantitas dan kualitas dari pembelian produk yang sudah jadi rutinitas bulanan kamu.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan dengan Skema Split Spending?

1. Bikin Budget

Tanpa adanya budget, upaya kamu untuk menerapkan skema split spending ini tidak akan terwujud. Bugdet adalah pondasinya dimana cara mengelola keuangan dengan skema ini lebih banyak berdasar pada data arus keuangan dari budget yang kamu buat.

Buat kamu yang belum paham apa itu budget, pada dasarnya adalah alokasi uang yang akan kamu keluarkan pada jangka waktu tertentu, umumnya setiap bulan. Cara menentukan budget pun sangat mudah. Kita akan bahas di poin berikutnya.

2. Tentukan Kategori Pengeluaran

Bagian menariknya dari proses bikin budget adalah, kategorisasi pengeluaran dari mulai pengeluaran untuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Secara teknis sangat mudah, hanya modal pengetahuan basic Microsoft Excel, kamu telah siap menentukan seberapa besar budget bulananmu.

Buat tabel yang berisi kategori pengeluaran seperti biaya sewa, makan, transport, hiburan, dsb. Kemudian tentukan seberapa besar seharusnya maksimal pengeluaran dari tiap-tiap kategori itu mengacu pada pendapatan bulanan kamu.

3. Split Kategori Pengeluaran Tertentu ke Bulan-bulan Berikutnya

Ini adalah intinya. Setelah kamu mengamati besaran budget di tiap kategori dan menemukan bahwa satu atau beberapa kategori tertentu berisi angka yang terlalu besar, tinggal kamu pecah saja angka itu dan membaginya di kolom serupa di tabel bulan berikutnya.

Misalnya kamu menentukan budget untuk fesyen sebesar satu juta rupiah dan berpikir angka ini nampaknya terlalu boros, maka pindahkan lima ratus ribu ke bulan berikutnya. Atau dua ratus lima puluh ribu ke tiga bulan berikutnya.

Berarti, Mengurangi budget fesyen = mengurangi kuantitas dan kualitas produk baju yang saya beli dong?  

Disinilah keberadaan pihak yang bergerak pada financial-solution service menjadi penting. Pembagian budget kamu yang pegang, eksekusinya butuh bantuan pihak kedua yang punya otoritas lebih untuk men-split pengeluaran kamu dan membaginya ke beberapa termin pembayaran.

EmpatKali contohnya, sebagai salah satu layanan paylater pertama di Indonesia yang membebaskan bunga pada setiap transaksinya, cara mengelola keuangan dengan skema split spending yang kita bicarakan sejauh ini bisa terwujud.

Pertimbangan utama adalah karena tidak adanya bunga, 0% selamanya. Saat kamu menentukan budget pengeluaran, tentunya kamu tidak aware soal bunga.

Jika salah ambil langkah dengan memakai layanan paylater berbunga, budget yang telah kamu split tadi nominalnya akan bertambah dong pastinya. EmpatKali menjamin konsistensi budget split yang kamu keluarkan 🙂

EmpatKali adalah aplikasi paylater dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit, tanpa bunga selamanya.

Kamu bisa beli produk di ratusan partner merchant kami, dan bayarnya empat kali, bayar 25% dulu di awal, 75% sisanya nanti.

Download aplikasi paylater EmpatKali di Play Store atau App Store