TKB90: 98.73%

4 Tips Mengelola Keuangan saat Lagi Ada Cicilan

September 3rd, 2020

Setiap orang yang memutuskan beli barang dan memilih opsi cicilan sebagai metode pembayarannya, tentu paham bahwa mereka baru saja masuk ke “zona tidak aman”. Dimana beberapa bulan kedepan,  mereka mesti was-was karena punya tanggungan yang setiap bulannya harus dilunasi. 

Sebenarnya ketakutan menghadapi kenyataan harus bayar nominal tertentu tiap bulannya bisa kamu minimalisir sehingga bukannya rasa beban yang muncul saat harus bayar cicilan, tapi rasa fun, dengan menerapkan beberapa tips mengelola keuangan saat punya cicilan aktif di bawah ini:

Tips Mengelola Keuangan saat Punya Cicilan Aktif

1. Alokasikan dana untuk cicilan maks 30% dari total pendapatan

Prinsip pertama adalah menentukan seberapa besar dana yang akan kamu keluarkan setiap bulannya khusus untuk melunasi cicilan. Anjuran yang disarankan para expert di topik seputar mengelola keuangan personal menyarankan sebaiknya pengeluaran bulanan untuk cicilan/utang tidak lebih dari 30% dari total pendapatan bulanan.

Hal lain yang mesti dipikirkan juga adalah membatasi penggunaan platform penyedia pinjaman online. Di era meledaknya teknologi digital sekarang ini, keberadaan aplikasi-aplikasi itu sangat subur. Tinggal buka playstore dan ketikkan keywoard “pinjaman dana” maka kamu bisa temukan beragam app yang menawarkan layanan tersebut. Bahayanya adalah jika kamu mudah termakan oleh iklan yang mereka tampilkan.

2. Sering-sering cek tenggat waktu cicilan

Satu hal krusial dalam urusan pembayaran cicilan adalah jadwal waktu pembayaran. Hal ini begitu sensitif dan kamu harus selalu engeh setiap saat karena apabila kebablasan, lupa membayar pada waktu yang di tentukan, kerugian berupa biaya penalty mesti kamu tanggung.

Selain itu juga sering telat dalam membayar cicilan bisa mengurangi nilai skor kreditmu, yang mana data ini berguna sebagai acuan buat para penyedia layanan kredit untuk menilai kelayakanmu apabila di masa depan kamu melakukan pengajuan pinjaman.

Jadi solusi biar nggak telat, yaitu dengan rutin mengecek waktu tenggat pembayaran cicilanmu tiap bulannya. Ini akan menciptakan respon psikologis yang mendesak di alam bawah sadar supaya tetap engeh bahwa kamu punya utang yang harus dilunasi bulan ini.

3. Cicil jika hanya mendesak. Dan yang memang sedang butuh

Kesalahan fatal yang sering orang lakukan terkait pemanfaatan layanan kredit adalah mencicil barang yang sebenarnya tidak begitu penting baginya. Nafsu sekejap saat mengambil keputusan adalah penyebabnya.

Percayalah, perasaan beban yang kamu tanggung setiap bulannya jika mencicil barang yang useless  ini akan lebih berat karena sebenarnya kamu menyadari: sebenarnya saya nggak butuh barang ini.

Tapi mau gimana lagi, kredit sudah diajukan dan diterima, suka gak suka utang harus dilunasi. Jadi bagaimana supaya tidak terjebak lagi dalam nafsu sesaat semacam ini? Memahami betul bahwa barang yang hendak kamu cicil memang kamu butuhkan dan urgensinya mendesak sehingga pembelian secara kredit adalah opsi masuk akal.

4. Pertimbangkan juga bunga

Jangan lupa sama keberadaan bunga pada cicilan. Yang satu ini ibarat cabe rawit, imut tapi mencekik. Rata-rata barang mahal yang bisa diangsur punya bunga yang tinggi. Kelihatannya memang ringan-ringan saja pada awalnya, tapi kalau pernah kamu coba akumulasikan beban bunga beserta biaya admin dan lain-lainnya, bisa-bisa harga yang kamu bayar menjadi naik 50% dari harga aslinya jika kamu beli tanpa sistem angsuran!

Jika kamu tetap kekeuh ingin beli barang secara angsuran tapi bebas dari ancaman bunga, pilih layanan kredit yang menawarkan bunga 0%, seperti EmpatKali ini contohnya. Kamu bisa beli barang apapun, semahal apapun itu, yang partner merchant kami tawarkan dengan layanan cicilan tanpa bunga selamanya hingga 90 hari! Bayar 25% dulu di awal, bayar 25% selanjutnya bulan depan, dan dua lagi sisanya dalam dua bulan berikutnya. 

Mengelola keuangan saat punya cicilan jadi lebih fun

jika memanfaatkan penyedia layanan kredit bunga 0%. Kamu tidak akan “dirampok” karena biaya yang kamu keluarkan sepadan dengan harga asli barang yang dibeli. Penasaran mau cobain EmpatKali? Bisa download disini (Playstore) atau ini (Appstore)