TKB90: 98.73%

Nunggak Utang Bikin Kredit Macet. Ini Solusinya

July 3rd, 2020

Kredit macet adalah sebutan yang merujuk pada orang yang gagal melunasi utangnya kepada pihak pemberi pinjaman sehingga akibatnya, keduabelah pihak saling dirundung kerugian.

Dari pihak peminjam, risikonya ia bisa kena blacklist dan ini akan menyulitkannya jika ia ingin melakukan pinjaman lagi di masa depan. Institusi keuangan dan perbankan saling bagi informasi siapa-siapa saja orang yang bandel.

Lantas bagaimana cara menghindari status kredit macet. Di artikel ini kamu akan menemukan jawabannya.

Jangan kabur atau ganti nomor

Kredit macet bisa kamu hindari jika kamu mau kerja sama dan bersikap terbuka dalam hal urusan utang-piutang ini.

Namun terkadang juga, ada situasi dimana kamu sebenarnya kamu niat bayar utang, tapi karena suatu hal, kamu gak mampu melunasinya. Ini situasi yang krusial. Jika salah langkah dalam menyikapinya dampaknya buruk.

Kami telah merangkum 4 langkah saat kamu sedang nunggak utang dan terhindar dari kredit macet.

1. Tenang aja

Saat dilanda situasi memberatkan, kita cenderung panik kehilangan kontrol diri dan berujung salah langkah saat ambil keputusan. Berpikir jernih penting banget disini

Dibandingkan memikirkan tentang hal-hal negatif yang bakal kamu terima sebagai konsekuensi gagal bayar utang, sebaiknya alihkan fokus ke langkah terkecil apa yang bisa kamu ambil selanjutnya untuk meringankan masalah.

Tanamkan selalu niat baik dalam hati kalau kamu seorang yang bertanggung jawab dan akan melunasi utang.

2. Coba bikin budget

Gak ada bosannya kami sampaikan berulang kali tentang pentingnya budgeting guna menciptakan cashflow pribadi yang sehat.

Bikin budget penting banget  pada tahap ini karena fakta-fakta yang terpapar disini akan membuka pikiranmu tentang status keuanganmu yang sebenarnya. Informasi anggaran ini juga bisa kamu jadikan landasan argumen dengan pihak pemberi pinjaman nantinya.

3. Atur jumlah uang buat nutupin

Setelah anggaran sudah jadi dan informasi rinci tentang aktivitas keuanganmu juga kamu udah paham, maka selanjutnya adalah menentukan seberapa besar nominal uang yang bisa kamu bayar buat menutupi utang.

Ambil contoh utangmu adalah sebesar Rp1.000.000, lalu setelah paham cashflow, didapat kesimpulan bahwa Rp300.000 adalah jumlah maksimal yang bisa kamu bayar.

Kalau masih ragu, bisa coba lagi cari perhitungan yang pas sampai kamu benar-benar yakin cuma segini yang bisa kamu bayar. Setelah sudah yakin dan akhirnya didapat langkah selanjutnya adalah..

4. Nego

Ini dia bagian tersulitnya: meyakinkan pihak pemberi pinjaman agar mereka mau memberikan kemudahan dalam urusan bayar utang yang masih nunggak ini.

Resep rahasia yang mampu meningkatkan potensimu untuk berhasil pada tahap ini adalah argumen, data, dan fakta yang kamu persiapkan sematang dan serinci mungkin berdasarkan informasi budget yang telah kita bahas di poin sebelumnya.

Bicara apa adanya. Tell the truth tentang bagaimana kondisi finansilmu, dan bersikap terbuka. Perilaku kooperatif semacam ini kami jamin akan mendapat respon yang positif dari pihak peminjam. Mereka akan senang hati meramu ulang kebijakan khusus buatmu demi mempermudah jalanmu melunasi utang.

EmpatKali adalah aplikasi cicilan tanpa bunga yang mempermudah urusan pembayaran dari setiap pembelanjaan barang favoritmu. Kamu bisa transaksi online di merchant partner EmpatKali sekarang untuk melengkapi koleksi favoritmu.

Baca juga: Cara Belanja dan Bayar pakai EmpatKali

Sistem kerjanya lumayan mirip dengan kartu kredit, hanya saja EmpatKali gak butuh kartu fisik dan tanpa pungutan bunga sama sekali. Kamu juga gak akan dibebani dengan biaya tahunan atau langganan dan sebagainya. Tertarik menggunakan layanan EmpatKali?

Download aplikasi EmpatKali di Play Store atau App Store