TKB90: 98.73%

4 Cara Menjadi Sales yang Baik Supaya Ningkatin Penjualan

June 11th, 2020

Sales bukan hanya sebatas menjual produk saja. Salesmanship berhubungan erat dengan psikologi hubungan antar-manusia terkait give and take. Di artikel ini EmpatKali akan membahas cara menjadi sales yang baik menggunakan pendekatan psikologis ini.

Cara Menjadi Sales yang Baik: Customer-centric

Pengertian sales selama ini condong kepada product-centric, dimana seorang sales saat presentasi di depan calon klien sepenuhnya fokus pada produk yang dijual saja. Kombinasi dari pendekatan product-customer centric, adalah inti dari cara menjadi sales yang baik dan hebat!

Pendekatan customer-centric berpengaruh besar terhadap kuantitas penjualan yang didapat. Pendekatan sebaiknya dijadikan landasan bekerja bagi semua staff Anda yang ada di toko.

Baca juga: Duit 1 Juta Dapet 4 Looks Eps.1 (with Bimo Ghifari)

Berikut ini adalah empat cara menjadi sales yang baik dengan pendekatan customer-centric. Harapannya dengan menerapkan tips-tips dibawah, karyawan Anda akan punya performa yang lebih cakap pada pekerjannya sebagai sales.

1. Tanya

Salesmanship pada hakikatnya adalah memberikan solusi bagi permasalahan orang lain. Hanya ada satu cara untuk mengetahui apa yang sedang menjadi permasalahan orang lain: tanya

Bayangin seorang staff toko menghampiri pengunjung yang baru datang kemudian tanpa basa-basi langsung menawarkannya produk sambil pidato tentang segala kehebatan yang produk tersebut punya. Pengunjung itu akan respon “saya lagi nggak cari ini mba/mas”.

Tips untuk cara menjadi sales yang baik nomer 1 adalah bertanya. Tanya apa yang menjadi problem mereka, setelah itu berikan solusinya dengan menawarkan produk yang dapat mengatasi problem calon konsumen tsb.

2. Lakukan Lebih dari yang Diharapkan

Semua orang senang bila ia merasa dirinya diperlukan. Dalam interaksi penjual-pembeli, pasti ada momen-momen dimana calon pembeli minta ini-itu kepada sales supaya bisa yakin dulu sebelum akhirnya beli.

Sales yang mengadopsi pendekatan product-centric akan frustrasi dan setengah hati dalam merespon permintaan si calon pembeli ini.

Sales yang customer-centric justru senang dengan situasi ini. Ia rela melakukan lebih dari yang diharapkan dan ini akan memberikan kesan yang lebih bagus bagi calon pembeli tersebut

3. Pantang Menyerah

Tips cara menjadi sales yang baik ketiga adalah pantang menyerah. Seorang sales amatir akan langsung menyerah ketika calon pembeli mengatakan tidak pada apa yang ia jual, meski sebenarnya ia paham bahwa apa yang ia coba tawarkan itu adalah solusi bagi masalah yang dialami calon pembeli

Sebabnya mungkin karena penjelasan yang sales tadi berikan kurang jelas. Bagaimanapun juga, jika kamu tau bahwa orang ini butuh produk kita tapi ia masih menolak, jangan langsung mundur begitu saja.

Sales yang customer-centric pantang menyerah, ia akan balik tanya tentang apa yang prospeknya butuhkan sampai ke detail terkecil. Produk A tidak, mungkin produk B iya, kalau produk B tidak juga, mungkin produk C, dan seterusnya.

4. Komitmen terhadap Layanan Purna Jual

Sales yang sepenuhnya menggunakan pendekatan product-centric menganggap kegiatan sales berakhir setelah produk terjual.  Langkah selanjutnya cari prospek baru, dst.

Joe Girard, salah seorang sales terbaik  dunia pernah bilang, “Many a salesperson has killed all chances of repeat business the moment the sale was closed. He or she did so by forgetting that this is where the SALE begins.

Salesmanship adalah tentang membangun kepercayaan, membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan. Studi membuktikan perusahaan-perusahaan yang punya reputasi buruk dalam after-sales-nya akan lebih sulit untuk bertahan.

Mereka lupa dengan inti dari hubungan B2C, kepercayaan. After-sales yang buruk menciptakan ketidakpercayaan.

EmpatKali adalah layanan cicilan online tanpa kartu kredit yang mana pengguna nya tidak dikenakan bunga sama sekali!

Kamu bisa beli produk di ratusan partner merchant kami, dan bayar empat kali, 25% dulu di awal, 75% sisanya dengan skema cicilan per dua minggu atau per bulan.

Penasaran mau cobain aplikasi paylater EmpatKali? Download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store.