TKB90: 98.73%

5 Cara Menghemat Uang Gajian Biar Gak Cepat Habis

June 5th, 2020

Gajian masih lama, tapi uang di rekening sudah sekarat. Situasi semakin membingungkan karena kamu sendiri tak paham kemana saja uang kamu selama ini pergi. Gimana cara menghemat uang gajian agar tak cepat habis? EmpatKali akan membahasnya di artikel ini.

Kunci dari cara menghemat uang gajian selalu didasari oleh aktivitas budgeting dan pengelolaan cashflow yang disiplin. Namun disamping itu, faktor kebiasaan dan gaya hidup juga berpengaruh. Faktor gaya hidup inilah yang akan kita bahas di artikel ini.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan boros ini yang sebaiknya mesti kamu tinjau ulang dan bagaimana cara menghemat uang gajian dengan mengubah kebiasaan tadi?

5 Cara Menghemat Uang Gajian Biar Gak Cepat Habis

1. Jangan sering-sering ngopi diluar

Kopi memang teman yang pas buat segala kegiatan. Kandungan kafein dan gulanya ampuh bikin kita lebih semangat. Pergeseran perilaku masyarakat akibat tren ngopi ini pun mengakibatkan banjirnya kedai-kedai kopi kekinian.

Tapi yang jadi masalah adalah harga segelas kopi racikan kedai kopi kekinian tersebut tidak bisa dibilang murah. Satu gelas kopi berkisar 20 ribuan, jika kamu kecanduan, kamu bisa menghabiskan lebih dari Rp500,000 hanya untuk kopi saja.

Dalam kasus ini, cara menghemat uang gajian bisa dilakukan dengan meracik kopi sendiri. Biaya yang kamu keluarkan untuk beli kopi bubuk, susu, gula, dsb memang agak berat diawal, tapi akan jauh lebih hemat kedepannya.

2. Bawa bekel

Kalau kantor tempat kamu kerja menyediakan makan siang, ini bagus banget. Jika tidak, sebisa mungkin cari cara agar pengeluaran buat makan tidak berlebihan. Sebaiknya hindari pesen makan via ojol mengingat adanya ongkir yang bikin boros.

Opsi paling hemat tentunya bawa makan sendiri dari rumah. Ini adalah salah satu cara terbaik menghemat uang gajian, porsi tersebar pengeluaran mayoritas orang adalah buat pangan. Sama seperti poin pertama tadi, beli bahan makanan mentah dan kemudian memasaknya sendiri akan jauh lebih hemat kedepannya.

3. Jangan segan untuk beli barang bekas

Masih banyak orang percaya beli barang bekas sama saja beli barang rusak atau berkualitas rendah. Pemahaman ini salah. Berbekal kejelian, kamu bisa banget dapetin barang bekas dengan kualitas yang sama dengan barang baru, dan ini adalah salah satu kunci sukses terkait cara menghemat uang gajian.

Apa bedanya buku bekas dan buku baru? Informasi yang terkandung keduanya sama, ilmu yang kamu dapatkan setelahnya juga sama. Sebaiknya mulai sekarang pertimbangkan juga untuk beli barang bekas. Tidak semua barang bekas low qualty, kalau kamu jeli dan cerdik, kamu bisa dapetin yang bagus, dan tentunya, jauh lebih murah.

4. Kurangi subscriptions

Netflix, Spotify, Gym, dan jenis membership lainnya juga bikin boros. Lebih parahnya lagi adalah jika sekedar langganan aja tanpa memanfaatkan layanannya. Sebaiknya cek lagi membership apa saja yang kamu ikuti selama ini. Kemudian evaluasi manfaatnya terhadap kamu, apabila tidak begitu bermanfaat, stop.

5. Pilih layanan cicilan tanpa bunga

Belanja barang secara nyicil itu emang asik banget. Tinggal ajukan permohonan kredit, dapat limit, langsung bisa beli barang incaran. Tapi dibalik kemudahan tersebut, tentu ada “harga” yang mesti kamu bayar: bunga.

Kalau beli barang secara tunai jelas kamu beli sesuai label harga yang tertera. Tapi kalau beli secara kredit, label harga + bunga. Nah bunga inilah yang tanpa kamu sadari membuat dompet kamu cekak.

Sebaiknya pilih lender yang tanpa membebankan bunga, karena ini juga cara terbaik menghemat uang gajian. EmpatKali adalah salah satu penyedia untuk ini. Kamu tak perlu khawatir bunga karena EmpatKali membebaskan bunga untuk setiap transaksi yang kamu lakukan selamanya.

Bayar 25% di awal, 25% di bulan pertama, 25% di bulan kedua, dan 25% di bulan ketiga. Beli barang secara kredit tetapi sesuai harga aslinya.

Download EmpatKali sekarang di Play Store atau App Store.