TKB90: 98.73%

Cara Mencuci Sepatu Sneakers Agar Kinclong dan Bersih

Fashion & Style,
June 3rd, 2020

Mencuci sepatu bisa dibilang adalah urusan yang agak ngerepotin. Tapi mau gak mau demi menjaga keawetan sepatu yang kamu pake, mencucinya secara rutin adalah suatu kewajiban. Nah buat kamu pemilik dan penggemar sepatu sneakers, gimana sih cara mencuci sepatu sneakers dengan benar supaya bersih, kinclong, dan awet.

Cara mencuci dan membersihkan sepatu sneakers

1. Kenali dulu bahan sepatu sneakers

Sepatu sneakers umumnya dibuat dari bahan-bahan seperti suede, kanvas, nubuck, atau kulit sintesis. Tiap bahan tersebut punya kelemahannya masing-masing, dan oleh karenanya cara mencucinya berbeda satu sama lain.

Teknik mencuci sepatu sneakers berbahan suede berbeda dengan sepatu sneakers berbahan nubuck. Contohnya berikut perkakas yang disarankan saat mencuci sepatu sneakers dengan tiga bahan berbeda

  • Sepatu sneakers berbahan kulit sintesis: Kain lap, spons, air cuka putih atau alkohol khusus
  • Sepatu sneakers berbahan suede:  Sikat gigi halus, air cuka putih atau alkohol
  • Sepatu sneakerse berbahan canvas: Sikat gigi halus, air hangat, deterjen tanpa pemutih

2. Mencuci sepatu sneakers baiknya jangan pakai air

Banyak orang menanggap cara mencuci sepatu jenis apapun, termasuk sepatu sneakers, adalah dengan merendamnya ke dalam baskom air berisi deterjen. Lalu menggosoknya dengan sikat cucian berbahan kasar.

Niatnya sih sebenarnya bagus untuk membersihkan secara menyeluruh. Tapi ini malah akan bikin sepatu sneakers kamu cepat rusak

Semua jenis sepatu, termasuk sepatu sneakers, gak bersahabat dengan air. Terlalu sering terpapar air perlahan akan membuat umur sepatu sneakers kamu semakin berkurang dan ujung-ujungnya cepat rusak.

Nah, solusinya mending gunakan teknik ‘cuci kering’. Bersihin on-the-spot bagian-bagian kotor pakai sikat gigi halus atau kain lap yang telah dibaluri atau sedikit deterjen (tanpa pemutih). Teknik ini mirip kayak mencuci celana jeans atau celana chino.

3. Hindari paparan sinar matahari langsung

Salah paham lainnya dalam hal mencuci sepatu, adalah saat mengeringkannya. Banyak orang sehabis mencuci sepatu, dengan kondisi sepasang sepatu yang masih basah, meletekannya di atas atap rumah berharap sinar matahari terik akan membantunya mengeringkan sepatunya. Ini kesalahan fatal.

Mengapa demikian? Karena sinar matahari (terlebih saat siang hari) akan merusak warna dan juga tekstur sepatu sneakers kamu.
Cara terbaik untuk mengeringkan sepatu sneakers sehabis mencuci nya ya dengan angin-anginin saja pakai kipas angin atau dibiarin saja di tempat terbuka.

Banyak koleksi sepatu sneakers keren yang bisa dibayar pakai EmpatKali

Di EmpatKali, ada cukup banyak merchant-merchant brand lokal terbaik dengan produk sepatu sneakersnya. Sebut saja Brodo, Nah Projectatau kalau mau cari yang internasional ada juga Hush Puppies.

Kamu bisa dapetin sepatu sneakers idaman dengan cicilan EmpatKali. Bayar 25% dulu dari harga asli, lalu lunasi sisanya nanti. Gak ada bunga dan biaya admin (untuk cicilan per dua minggu). Daftarnya juga mudah dan cepat. Penasaran sama aplikasi EmpatKali?

Download aplikasi EmpatKali di Play Store atau App Store