TKB90: 98.73%

Menghadapi New Normal, Ini 5 Hal yang Mesti Kamu Persiapkan

May 28th, 2020

Sebentar lagi kita akan masuk ke babak baru dalam upaya kita memerangi virus Corona Covid-19 yang telah hampir tiga bulan lamanya menyebar di Indonesia. Babak baru tersebut adalah apa yang saat ini sedang ramai diperbincangkan, the new normal. Apa maksudnya?

Well, artinya kita balik lagi ke kehidupan normal dimana kantor, sekolah, dan area publik lainnya akan beroperasi kembali. Tapi yang menjadi beda nanti adalah pengedepanan protokol kesehatan di semua lini. Mengingat virus Corona ini belum hilang (bahkan mungkin tak akan pernah hilang selamanya).

Di artikel sebelumnya kami telah membahas kiat-kiat dalam menyambut new normal untuk para peritel. Di artikel ini, kami menyajikan kiat-kiat serupa tapi khusus untuk masyarakat dalam tingkatan individu.

Langsung saja yuk kita bahas hal-hal apa saja yang mesti kamu siapkan supaya kamu bisa berhasil beradaptasi dalam fase new normal yang akan datang:

1.  Jaga Pikiran Agar Tetap Positif

Kondisi new normal dimana virus Corona masih mengintai, ditambah angka rasio penularan yang terhitung masih tinggi hingga sekarang, akan sangat membuat kamu mudah was-was dan cemas saat berkeliaran di luar rumah nantinya.

Penting untuk memahami bahwa kondisi pikiran mempengaruhi kesehatan tubuh juga. Studi ilmiah membuktikan orang yang stres karena sering cemas lebih rentan terserang penyakit.

Saran dari kami, isi pikiranmu dengan hal-hal yang positif saja. Jika mengobrol dengan teman, hindari diskusi soal virus Corona dan segala berita buruk yang menyertainya. Tapi tetap awas dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

2. Siapkan Masker dan Hand Sanitizer Selalu

Selalu gunakan masker saat keluar rumah. Masker kain sudah lebih dari cukup untuk melindungimu dari virus Corona yang bertebaran di udara. Harganya juga murah, bahkan bikin masker sendiri pun gak mustahil.

Banyak orang mungkin nanti akan salah kaprah dan merasa bebas berkeliaran tidak mengenakan masker mengikuti pengumuman new normal ini. Mungkin mereka hanya menangkap kata “normal” nya saja.

Usahakan agar kamu tidak terpengaruh dan tetap menutup mulut dan hidung dengan masker ya. Satu lagi, jangan lupakan hand sanitizer juga. Tidak ada alasan untuk membawanya kemanapun kamu pergi karena kamu dapat menyimpannya di saku.

3. Jangan Stay Terlalu Lama di Dalam Ruangan

Pemerintah sudah mengkaji masalah ini, bahwa nantinya jumlah orang dalam satu ruangan akan dibatasi.

Ini adalah kebijakan yang tepat karena potensi penularan virus Corona lebih berpotensi terjadi di dalam ruangan mengingat sirkulasi udara yang sempit. Apalagi jika di ruangan tersebut banyak orang.

Sebab itulah, kalau nongkrong di kafe, pilih yang outdoor. Intinya sebenarnya adalah menghindari kerumunan sebisa mungkin. Kalau jalan-jalan ke mall, jangan masuk ke toko jika pengunjungnya ramai, dsb.

4. Ganti Baju atau Mandi Sehabis Dari Luar

Penelitian telah menyimpulkan bahwa virus Corona Covid-19 ini mampu menempelselama berhari-hari di pakaian yang kita pakai. Mungkin saja kamu berpapasan dengan virus Corona di luar rumah dan beruntung ia tidak masuk ke tubuh kamu, melainkan menempel di baju atau celana atau sepatu atau bagian depan masker.

Untuk menghindari virus yang menempel ini pindah tempat dan akhirnya masuk ke tubuh (amit-amit), pastikan untuk selalu melepas seluruh pakaian saat pulang ke rumah dan masukkan ke keranjang pakaian kotor dan tutup rapat. Kalau mau lebih aman lagi, mandi sekalian, dan sampoan.

5. Tetap Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh yang aktif secara fisik lebih terhindar dari berbagai penyakit. Saat kamu sedang berolahraga, jantung kamu ‘dipaksa’ bekerja dan menjadi aktif. Iini bagus untuk kesehatan jantung serta kelancaran peredaran darah di tubuh kamu

Dan yang paling penting, olahraga meningkatkan sistem imun tubuh yang mana ini adalah dinding pertahanan terdepan kamu saat virus Corona masuk ke tubuh.

Imbangi juga dengan konsumsi makanan sehat yang kaya serat dan vitamin. Rajin berolahraga tapi kalau makanannya tetap minyak, gorengan, dan gula. Sama saja bohong. Ingat, you are what you eat, if you eat junk, you will become a junk too.