TKB90: 98.73%

Tips Cara Mencuci dan Membersihkan Flat Shoes

Fashion & Style,
May 15th, 2020

Flat shoes yang umumnya berbahan enteng dan tipis mudah sekali rusak jika dalam mencuci nya gak dilakukan dengan tepat. Di artikel ini, kita akan membahas cara mencuci dan membersihkan flat shoes dengan benar supaya lebih awet.

Cara mencuci flat shoes

  • Pakai sabun bayi

Sebaiknya hindari deterjen karena kandungannya dapat merusak warna dan tekstur sepatu flat shoes kamu. Apalagi jika deterjen pemutih, warna sepatu flat shoes kamu akan pudar dan keliatan jelek.

Alternatifnya, kamu bisa pakai sabun bayi dimana konsentrasi bahan kimianya lemah tetapi sudah lebih dari cukup dan ampuh untuk membersihkan noda di sepatu flat shoes kamu.

  • Gunakan sikat berbahan halus

Jika noda yang nempel di flat shoes sulit dibersihkan dan butuh bantuan sikat untuk menghilangkannya, gunakan sikat gigi bekas yang sudah gak terpakai atau sikat kecil lainnya yang bulu-bulu sikatnya kecil dan halus.

cara mencuci flat shoes

  • Sikat searah

Setelah membasahi bagian ykotor dengan sedikit air dan memoleskannya dengan sabun bayi, sikat bagian kotor tersebut pelan-pelan dan satu arah saja. Bahan flat shoes yang tipis sangat rentan rusak dan keteledoran sedikit saja bisa bahaya

  • Dibasuh aja, jangan direndam

Sama halnya dengan cara mencuci sepatu jenis apapun, merendam flat shoes sangat gak disarankan.

Niatnya emang bagus untuk memastikan seluruh noda yang menempel di sepatu itu lepas semuanya. Tapi perlu kamu ketahui bahwa ini bisa berakibat buruk pada bagian luar flat shoes.

  • Hindari paparan langsung sinar matahari

Paparan langsung sinar ultraviolet bisa merusak warna dan tekstur sepatu flat shoes kamu. Kalau ingin mengeringkannya di outdoor, bisa jemur tapi pastikan flat shoes kamu gak terpapar sinar matahari.

Cara mencuci flat shoes saja belum cukup, gimana cara membersihkan flat shoes tanpa harus mencuci nya

Baca juga: Cara Mencuci Sepatu Sneakers agar Kinclong dan Bersih

Cara membersihkan tanpa mencucinya

  • Lap dengan kain basah seminggu sekali

Setiap minggunya, misalnya pada hari minggu atau libur, luangkan 10 menit saja untuk bersihin sepatu flat shoes kamu. Ambil kain yang berbahan lembut, masukkan ujung kain kedalam air dengan campuran minyak kayu putih, kemudian lap ke sepatu kamu.

  • Simpannya di udara terbuka

Bagian insole flat shoes akan berbau gak sedap setelah seharian dipake. Hal ini akibat dari bakteri  dari keringat pada kedua kakimu. Sehabis penggunaan, pastikan untuk menaruhnya di tempat terbuka yang terpapar oleh sirkulasi udara yang lancar ya.

  • Pake bubuk kopi atau baking soda

cara membersihkan flat shoes

Apabila masalah bau pada flat shoes kamu sudah sangat menjengkelkan, bantuan dari bubuk kopi ataubaking soda atau sabun batangan bisa membantu.

Caranya pun sangat mudah, cukup taburi bubuk kopi dan diamkan semalaman. Keesokan paginya bau akan hilang. Atau jika kamu enggan membersihkan bubuk kopi, sabun batangan juga cukup.

  • Jangan sering dipake

“Terus apa gunanya dong kalau sudah beli tapi dianggurin?” Maksud kami adalah pakailah secara cerdas dan sebaiknya ocassionally saja.

Hindari memakai flat shoes di momen-momen yang kurang tepat seperti: olahraga, naik gunung, atau sekedar jalan kaki berjam-jam. Untuk aktivitas tersebut, jenis sepatu sneakers adalah pilihan yang lebih tepat.

Banyak koleksi sepatu flat shoes yang bisa dibayar pakai EmpatKali

Di EmpatKali, ada cukup banyak merchant-merchant brand lokal terbaik dengan produk sepatu flat shoesnya. Sebut saja PVRA, Cloxvox, Cleo Cletta, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa dapetin sepatu sneakers idaman dengan cicilan EmpatKali. Bayar 25% dulu dari harga asli, lalu lunasi sisanya nanti. Gak ada bunga dan biaya admin (untuk cicilan per dua minggu). Daftarnya juga mudah dan cepat. Penasaran sama aplikasi EmpatKali?

Download aplikasi EmpatKali di Play Store atau App Store