TKB90: 98.73%

4 Buku Keuangan Terbaik yang Wajib Kamu Baca Selama Pandemi

April 23rd, 2020

Di masa-masa pandemi seperti saat ini dimana kamu harus tinggal di rumah sepanjang waktu, tantangan untuk tetap produktif, aktif, dan stay positif akan terasa lebih berat akibat keterbatasan ruang gerak fisik yang membuat kamu merasa tidak dinamis dan stagnan.

Situasi yang menguras emosi ini membuat kamu jadi rentan terjerembab ke jurang kemalasan yang akhirnya menghancurkan semangat kamu untuk berkembang sebagai individu. Kalau kamu berpikir rasanya tak masalah untuk menonton Netflix sepanjang waktu untuk menghabiskan waktu selama pandemi ini, ini keputusan yang tidak tepat dan hanya buang-buang waktu.

Seburuk apapun situasinya, pasti selalu ada kesempatan untuk mengembangkan diri. Dan membaca buku adalah pilihan yang paling bijak menyikapi momen karantina ini.

Kamu bisa memanfaatkan momen #dirumahaja ini dengan memulai kebiasaan membaca dan ini seribu kali lebih bermanfaat dibandingkan menenggelamkan diri dalam sosial media atau Netflix atau video games.

Di bawah ini adalah empat buku terbaik tentang keuangan yang bisa kamu baca sekarang juga. Tak perlu khawatir dengan kerumitan isinya, karena mereka mudah untuk diresapi bahkan jika kamu pemula dan tidak terlalu familiar dengan istilah-istilah ekonomi.

Baca Juga: 7 Kesalahan Fatal dalam Mengelola Keuangan di Usia 20-an

  1. Think and Grow Rich

Buku Think and Grow Rich karangan Napoleon Hill ini dianggap sebagai salah satu buku terbaik sepanjang masa. Ditulis pada tahun 1937 dan telah terjual kurang lebih sebanyak lima belas juta kopi hingga saat ini. Meski buku ini adalah buku tentang keuangan dan cara menjadi kaya, namun konsep you are what you think yang menjadi pendekatan utama penulis dalam buku ini nyambung juga ke segala aspek kehidupan.

Tenang saja, kamu tidak akan banyak berhadapan dengan istilah-istilah ekonomi yang membingungkan karena buku bisa ini dibilang fokus pada sisi psikologis dan alam pikir yang lebih mudah dipahami. Kata dari judul bukunya saja sudah menekankan apa yang menjadi premis buku ini, Think. Kamu akan memahami bagaimana alam pikir bekerja dan berkontribusi terhadap keberhasilan dan kegagalan seseorang, dalam segi keuangan.

  1. The Intelligent Investor

Kenal Warren Buffet kan? Bagi yang belum kenal, ia adalah salah satu orang terkaya di bumi ini. Masuk dalam jajaran tiga besar orang terkaya di dunia bersama dengan Bill Gates (Microsoft) dan Jeff Bezos (Amazon).

Salah satu penulis buku The Intelligent Investor ini, Benjamin Graham, adalah gurunya Warren Buffet lho. Warren sendiri pernah mengatakan bila buku ini adalah buku terbaik tentang tips investasi yang pernah ditulis oleh manusia!

Jadi jika kamu adalah seseorang yang kepo dengan seni berinvestasi dan sudah gatal ingin mencobanya, maka jangan lewatkan buku ini. Kamu punya kesempatan untuk mendapat ajaran berinvestasi yang sama dengan apa yang pernah Warren Buffet terima melalui buku ini.

  1. Rich Dad Poor Dad

Membaca buku ini seperti membaca cerita. Robert T. Kiyosaki (penulis), mengisahkan pengalamannya sendiri yang memiliki dua jenis ayah, yang ‘kaya’ dan yang ‘miskin’, dan bagaimana keduanya memberikan pemahaman tentang bagaimana mengelola keuangan agar dapat menjadi seperti si ayah yang ‘kaya’.

Selain pelajaran-pelajaran tentang keuangan yang disajikan penulis dalam bentuk cerita yang menarik, Robert juga mengajak pembaca agar dapat paham akan pentingnya empat pilar utama dari cash flowAsset, Liability, Income, dan Outcome. Ia menganggap kesuksesan finansial selalu dibarengi dengan pemahaman luas akan financial literacy.

Buku ini sangat terkenal dan kamu mungkin pernah mendengarnya atau tak sengaja melihatnya di toko buku. Kepopulerannya wajar karena memang konten dari buku sangat dahsyat dan banyak orang juga yang hidupnya berubah (dari sisi finansial) setelah membaca buku ini.

  1. The Millionaire Next Door

Kita mengakui bahwa Amerika adalah negara terdepan di dunia dalam soal kemajuan. Tiga orang terkaya sejagat saat ini semuanya dari Amerika. Jadi tak ada salahnya bukan jika kamu belajar dari orang-orang kaya di Amerika terkait pandangan mereka dalam pengelolaan keuangan.

Buku The Millionaire Next Door tulisan Thomas J. Stanley dan William D. Danko ini membahas tentang apa sebenarnya kebiasaan orang-orang kaya Amerika sehingga mereka bisa tajir sedemekian itu. Penemuan dari penulis (Stanley) tentang kebiasaan orang-orang kaya Amerika ternyata sangat mengejutkan lho, tak seperti yang masyarakat kelas menengah (atau bawah) bayangkan bahwa dengan uang banyak, maka pengeluaran mereka juga naik dan hidup dengan glamor.

Nyatanya, orang kaya ternyata punya kebiasaan ketat dalam pengeluarannya dan hidup dengan sangat hemat. Kedengarannya seperti menyiksa diri, tapi melalui buku ini, kamu akan paham mengapa berhemat dan menabung itu penting, terlepas dari seberapa besar penghasilan kamu.

Baca Juga: Orang Pelit dan Orang Hemat, Apa Bedanya?

Jangan sampai deh kamu terjebak dengan pola pikir “bebas bersenang-senang dan bermalas-malasan” mumpung sedang pandemi dan menunggu hingga pandemi berakhir untuk mulai serius kembali.

Ambil (atau beli) salah satu dari empat buku di atas mulai sekarang, luangkan minimal satu jam setiap harinya khusus untuk membaca dan kamu akan punya sudut pandang baru dalam hal keuangan.