TKB90: 98.73%

5 Cara Berpakaian Saat Interview Pekerjaan

Fashion & Style,
April 2nd, 2020

Gimana cara berpakaian kita itu nentuin mood kita juga loh. Makin peduli kamu sama gimana cara berpakaian kamu, makin menarik penampilan kamu di mata orang lain. Nah khusus untuk pembahasan kali ini, kita akan bahas tentang gimana sih cara berpakaian saat interview atau wawancara kerja supaya kesempatanmu diterima jadi lebih besar.

Nah,  gimana cara berpakaian kamu saat interview kerja, akan menentukan banget karena penampilan adalah hal pertama yang recruiter nilai. Namun tentunya jangan terpaku sepenuhnya sama penampilan ya. Kompetensi diri kamu tetap paling menentukan.

Di artikel ini, kita akan bahas tips seputar cara berpakaian saat interview pekerjaan yang benar. Dengan berpenampilan secara tepat, aspek psikologis kamu juga akan terpengaruhi dan ini akan bikin dirimu makin luwes saat interview-pitching.

Baca juga: 5 Brand Sepatu Boots Lokal Terbaik

Sebelum itu

Sebelum kita bahasa apa-apa saja cara berpakaian saat interview pekerjaan, kita bahas dulu tahap persiapannya. Sebelum kamu datang ke kantor tempat kamu akan melakukan interview, lakukan hal-hal berikut:

  • Lakukan research

Berkat kecanggihan internet, semuanya bisa kita lakukan secara cepat dan instan, termasuk penelitian pra-interview ini. Pertama-tama, lakukan pengamatan terhadap profil perusahaan tempat kamu melamar di website atau LinkedIn.

Perusahaan kayak apa mereka. Apakah startup, atau korporat. Nah dari sini bisa ketahuan cara berpakaian para karyawannya, dan dari sini kamu bisa dapat bayangan gaya berpakaian seperti apa saat interview nanti.

  • Tanya dulu

Kalau masih belum yakin, tanya langsung ke rekruter seperti apa cara berpakaian yang harus diikuti saat interview mendatang.

  • Rapiin rambut

Terutama bagi pria, gaya rambut cukup krusial saat interview kerja. Rambut gondrong mengurangi tampilan ‘profesional’ dimata pewawancara. Untuk jaga-jaga, sebaiknya rapiin rambut kamu dengan potongan rambut ala-ala gentlemen.

Selanjutnya, kita masuk ke pembahasan utama tentang cara berpakaian yang sebaiknya dipakai dan dihindari saat interview pekerjaan.

Baca juga: Cara Mencuci dan Merawat Celana Chino

Cara berpakaian saat interview kerja dan yang harus dihindari

5 Cara Berpakaian Saat Interview Pekerjaan

1. Blazer dan Khaki

Kecuali bila perusahaan yang kamu lamar itu korporat kaku dimana kesehariannya para karyawannya memakai setelan jas, kombinasi blazer dan celana chino dengan warna khaki adalah cara berpakaian tepat yang bisa dimanfaatkan pria untuk interview kerja.

Dandanan semacam ini bikin pria jadi terlihat rapi, maskulin, profesionalis, tapi gak kaku.

2. Jangan pakai tas punggung

Sebenarnya boleh-boleh saja memakai tas punggung. Tapi kalau bicara estetika, tas punggung masih kalah keren dibandingkan briefcase atau tas selempang yang digantungkan di salah satu bahu.

Memakai tas punggung kelihatannya seperti cara berpakaian bocah yang mau berangkat sekolah. Gak dilarang, tapi gak disarankan juga.

3. Jangan pakai sepatu snekares

Bayangin, kamu sudah berpenampilan se-profesionalis mungkin dengan paduan blazer, kemeja, celana bahan, dan ikat pinggang berbahan kulit. Tapi masa sepatunya pakai yang jenis sneakers.

Nila setitik rusak susu sebelangga. Cara berpakaian seperti ini terlihat konyol. Sepatu berbahan kulit selalu menjadi opsi terbaik disini.

4. Sebisa mungkin hindari memakai jeans

Memang betul paduan jeans dengan blazer juga bisa bikin kamu keliatan rapi, tapi kami sarankan sebaiknya pakai celana bahan saja deh.

Mungkin kalau perusahaan tempat kamu melamar itu bergaya kasual abis, celana jeans bisa jadi opsi.

5. Cari yang pas dan nyaman saat dipakai

Poin terakhir ini sama pentingnya dengan poin-poin sebelumnya. Akan jadi sia-sia meskipun pakaian sudah tepat dan estetik, tapi gak pas karena oversize atau kekecilan sehingga jadinya gak nyaman saat dipakai.

Ini bahaya, rasa gak nyaman ini gak bisa disembunyikan dan akan berimbas pada performa kamu saat interview-pitching nanti. Yang paling penting setelan pakaian kamu enak dan pas dan nyaman saat dikenakan.

EmpatKali adalah layanan cicilan online tanpa kartu kredit dan tanpa bunga selamanya.

Pengguna bisa beli produk di ratusan partner merchant kami, dan bayar empat kali, 25% dulu di awal, 75% sisanya dengan skema cicilan per dua minggu atau per bulan.

Penasaran mau cobain aplikasi paylater EmpatKali? Download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store.

Atau mungkin kamu seorang pelaku bisnis dan ingin menambahkan EmpatKali guna meningkatkan penjualan? Kamu bisa kunjungi halaman ini