TKB90: 98.73%

Pentingnya Konten Penyejuk di Tengah Pandemi Corona

April 1st, 2020

Pandemi virus Corona COVID-19 memaksa dunia bisnis ritel untuk memutar otak agak brand-nya tetap eksis ditengah perubahan dadakan perilaku konsumen secara masal ini.

Orang-orang akan tinggal di rumah selama satu hingga dua bulan kedepan. Mereka akan mundur sejenak dari hingar-bingar dunia nyata dan meramaikan dunia maya.

Internet akan jadi sangat sibuk dan ini adalah peluang emas bagi setiap content marketer untuk menunjukkan taringnya.

Baca juga: Cara Bikin Masker Sendiri untuk Cegah Corona

Pandemi virus Corona COVID-19 ini memang cobaan berat bagi peritel, tapi Anda tetap punya pilihan dalam meresponnya, terpuruk dan menyerah atau bertahan dan mencari cara.

Dan menyiasati ulang strategi content marketing bisnis Anda adalah salah satu langkah untuk bertahan.

Dari Marjin ke Brand Awarenes
sumber: unsplash
Akan jadi sia-sia jika Anda tetap bersikeras untuk bertahan dengan strategi bisnis yang lama di tengah wabah Corona ini.

Terima keadaan dan kesampingkan sejenak profit dan ubah haluan ke optimasi brand awareness. Untuk urusan finansial, yang penting arus kas tetap positif sehingga bisnis Anda survive, itu saja.

Fokus pada Customer base

Tak bisa dipungkiri bahwa angka penjualan turun dan ini normal mengingat fokus konsumen Anda yang sekarang condong pada kebutuhan pokok dan produk kesehatan.

Baca Juga: 5 Pemicu Psikologis Dibalik Keputusan Belanja Konsumen

Tapi jangan langsung ambil kesimpulan bila dekadensi ini adalah permanen. Ini hanya sementara dan dalam dua bulan kedepan (harapannya) semuanya akan kembali normal.
sumber: freepik
Konsumen Anda tidak kemana-kemana, mereka hanya sedang melakukan yang terbaik untuk survive dari pandemi ini dan Anda harus mendukung keputusannya.

Anda harus memastikan bahwa basis konsumen Anda tetap aware akan eksistensi Anda. Dan konten adalah alat bisa Anda gunakan untuk itu. Tapi…

Konten Anda harus selaras dengan tren

Jika sekedar eksis dengan konten yang biasa, impaknya tak akan maksimal dan kesan yang konsumen Anda dapatkan hanya sekedar “numpang lewat”.

Seorang SEO Specialist pasti setuju jika kata “Corona/Covid-19” di mesin pencarian saat ini sedang hot dan Anda harus memanfaatkan ini.

Stand with them

Semua orang termasuk konsumen Anda sedang panik dan ketakutan dengan pandemi virus Corona ini. Mereka dibombardir dengan berbagai berita buruk tentang COVID-19 yang perlahan mengikis kesehatan mental mereka.
sumber: unsplash
Content marketer dapat memanfaatkan situasi untuk bertindak sebagai hero. Rancang konten yang menebar harapan tanpa out of topic.
Selalu ada sisi positif dari setiap hal dan Anda harus menggali itu dan menyajikannya kepada konsumen yang saat ini sedang terjebak dalam gelap. That’s it.