TKB90: 98.73%

Ini Perbedaan antara Orang Pelit dan Hemat

March 27th, 2020

Apa perbedaan pelit dan hemat?

Banyak orang belum begitu paham sama arti keduanya. Pelit dan hemat memang agak mirip yang intinya adalah hati-hati sama pengeluaran, namun perbedaan keduanya berangkat dari ideologi berbeda.

Pelit punya makna negatif. Hemat positif. Perbedaan pelit dan hemat, ialah yang disebutkan bikin merana dan yang kedua bikin bahagia.

Di artikel ini, mari kita bahas apa sih perbedaan orang hemat dan pelit sebenarnya. Kenapa seseorang bisa jadi pelit, walau sebenarnya dalam pandangannya ia menganggap ia orang yang hemat.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan dengan Teknik Split-Spending

Perbedaan orang pelit dan hemat

1. Orang pelit itu

Orang pelit nggak punya hubungan harmonis dengan uang. Ia takut banget kehabisan uang dan akibatnya pengeluarannya didasari ketakutan.

Motivasinya mungkin masuk akal dimana ia nggak mau kesulitan secara finansial di masa depan. Tapi sayang caranya keliru.

Orang pelit hanya peduli soal uang dalam hidupnya. Ia selalu berpikir gimana caranya agar uang tetap stay di dompet. Kalau ada opsi gratis ya wajb dimanfaatin. Saat beli barang, harga nomer satu. Yang penting murah dulu, kualitas nomer dua.

Orang pelit selalu cemas akan ketakutan yang tidak realistis. Ia sendiri gagal jelasin apa sih sebenarnya yang ditakutin. Orang pelit memang nabung, tapi tanpa tujuan spesifik. Orang pelit menabung hanya karena takut dirinya kehabisan uang.

Ciri-ciri orang pelit:

  • Selalu beli barang murah
  • Kualitas belakangan, yang penting harga
  • Nggak pernah bergaul/hangout karena menurutnya ini buang-buang uang
  • Perhitungan
  • Cemas saat berurusan dengan uang

2. Orang hemat itu..

Orang hemat pandai dalam mengelola pengeluarannya. Perbedaannya sama orang pelit, orang hemat nggak dikendalikan rasa takut dalam mengelola uangnya. Orang hemat berpikir strategis dan logis.

Saat beli barang, orang hemat tetap mengutamakan kualitas, tapi nggak menutup mata juga soal harga. Apabila kualitas barang memang top, orang hemat nggak segan untuk keluar uang lebih.

Download aplikasi EmpatKali

Orang hemat paham perbedaan kebutuhan dan keinginan, nggak seperti orang pelit yang gelap mata soal ini. Dan orang hemat elalu memprioritaskan kebutuhan. Tapi ia nggak terlalu pelit juga sama dirinya. Orang hemat juga butuh hiburan dan hiburan butuh uang.

Orang hemat juga care sama lifestyle dengan budget yang sudah ia rencakan seoptimal mungkin. Orang hemat merasa bahagia dan puas meski pengeluarannya dibatasi, bukannya ketakutan dan merasa insecure terus menerus.

Ciri-ciri orang hemat:

  • Pandai bikin rencana keuangan
  • Saat beli barang, tetap cari kualitas
  • Tetap irit tapi nggak mengorbankan lifestyle

Cara untuk hemat tanpa harus jadi pelit

  • Bikin budget, sisihkan uang setiap bulannya khusus untuk hiburan
  • Saat beli barang, cari yang berkualitas
  • Sedekah
  • Sebulan sekali minimal. traktir teman. Ingat, bersosialisasi penting.

EmpatKali adalah aplikasi paylater dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa bunga selamanya.

Kamu bisa beli produk di ratusan partner merchant kami. Bayarnya empat kali, bayar 25% dulu di awal, 75% sisanya nanti.

Download aplikasi paylater EmpatKali di Google Play atau App Store.