TKB90: 98.73%

5 Skill yang Harus Dimiliki Store Manager

March 26th, 2020

Store Manager adalah orang yang bertanggung jawab dibalik kesuksesan setiap toko. Suatu toko terdiri dari berbagai staff dan Store Manager adalah posisi tertinggi yang bertanggung jawab mengelola mereka.

Sebagai business owner, sebaiknya Anda hati-hati saat memilih orang untuk mengisi posisi Store Manager. Ini adalah lima skill penting yang harus dimiliki oleh Store Manager.

Skill yang harus dimiliki Store Manager

1. Skill mentorship

store manager adalah

Setiap Store Manager adalah manajer SDM dan ia mesti paham mengatur manusia ada seninya. Ia mesti mampu membangun hubungan positif ke anak buahnya. Ia mesti paham setiap orang unik dan sebab itu pendekatannya berbeda.

Store Manager mesti sadar kelebihan dan kekurangan tiap anak buahnya dan fokus hanya pada kekuatan dan mengabaikan kelemahan. Store Manager yang hebat bertekad sepenuh hati mengembangkan bawahannya agar mereka sukses.

2. Skill Delegasi

store manager adalah

Pendelegasian tugas bukan sekedar “tugas kamu A.. tugas kamu B..”. Store Manager harus paham karakteristik, kekuatan, dan kelemahan tiap bawahannya.

Store Manager yang hebat membagi peran berdasarkan kekuatan yang bawahannya miliki. Selain itu ia juga tak main tunjuk saja, ada diskusi dulu kasih kerjaan. Store Manager harus memastikan semua peran terisi oleh orang-orang yang tepat.

3. Skill Komunikasi

store manager adalah

Segala pertanyaan seputar produk atau toko, baik yang ditanyakan konsumen maupun staff toko itu sendiri, akan bermuara pada sang Store Manager. Oleh sebab ini seorang Store Manager harus cakap dalam kemampuan komunikasinya.

Download aplikasi EmpatKali

Bila informasi yang disampaikan tidak jelas atau cara menyampaikannya yang membingungkan, ini akan berdampak buruk bagi keseluruhan operasional toko. Staff akan kebingungan karena rantai komunikasi yang berantakan, konsumen juga akan bingung.

4. Skill cekatan

empatkali

Gimana jadinya jika Store Manager plin plan dan lamban dalam mengambil keputusan. Staff akan ikut kebingungan dan ini bahaya karena akan mempengaruhi performa mereka saat melayani konsumen.

Staff akan kehilangan semangat dan buruknya lagi mereka akan jadi kurang yakin dengan atasan. Retensi karyawan pun dipertaruhkan. Store Manager harus cepat dan lugas dalam setiap langkah yang diambil, dan tentu didahului oleh pertimbangan matang.

5. Skill selling

empatkali

Store Manager harus paham tentang sales lapangan juga, bukan cuma staff. Akan lebih baik jika Anda sebagai business owner merekrut Store Manager yang punya portfolio menakjubkan sebagai salesman.

Tujuan toko adalah menjual produk. Store Manager harus paham konsep dan taktik selling yang efektif dalam menarik konsumen supaya beli.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Toko

Tidak jarang Store Manager harus turun langsung berhadapan dengan konsumen. Jika Store Manager yang tak punya pengalaman sales menangani ini, akan ruwet,

Store Manager yang hebat adalah ia yang memiliki lima karakteristik diatas. Kombinasi yang sinergis dari kelimanya akan menyajikan customer experience yang hebat sehingga akan mempengaruhi secara positif keputusan belanja konsumen yang berkunjung ke toko Anda.

Siap tambahkan opsi pembayaran cicilan tanpa kartu kredit tanpa bunga bagi bisnis Anda?

Anda bisa manfaatkan layanan EmpatKali, Perusahaan Fintech P2P di Indonesia yang teruji keamanannya karena diawasi langsung oleh OJK. EmpatKali menjamin keamanan ecommerce Anda dan sekaligus memberi kepercayaan penuh bagi konsumen.

Download aplikasi EmpatKali

Kunjungi halaman ini jika Anda tertarik menambahkan opsi pembayaran cicilan tanpa bunga EmpatKali.

Download aplikasi EmpatKali di Play Store dan App Store.