TKB90: 98.73%

Biar Makin Keren dengan Topi Baseball, Baca Ini Dulu

Fashion & Style,
March 24th, 2020

Di tahun 1860-an, sebuah tim baseball dari Amerika memakai topi dengan bentuk yang tidak biasa.

Topi ini bentuknya bulat dengan lidah topi yang lurus ke depan melewati hidung. Topi ini adalah cikal bakal dari topi baseball yang semua orang punya sekarang.

Topi baseball ini tidak pandang bulu. Topi ini merangkul semua orang. Anda pria atau wanita atau tua atau muda atau gendut atau kurus, topi ini tak akan mengusik identitas Anda.

Walapun kesannya topi baseball ini sudah plug & play, penting juga rasanya untuk paham lebih dalam tentang topi baseball ini supaya penampilan Anda lebih maksimal. Mari kita mulai dari jenis-jenis topi baseball dulu.

1. Sport Cap

Biar Makin Keren dengan Topi Baseball, Baca Ini Dulu
Topi baseball jenis ini cocok untuk kebutuhan olahraga karena bagian dalam topi yang terbuat dari cotton yang dapat menyerap keringat. Material utama lainnya adalah nylon yang membuat teksturnya agak mengkilap sehingga sensasi sporty dirasakan pemakainya.

2. Snapback
Biar Makin Keren dengan Topi Baseball, Baca Ini Dulu
Ciri khas utama dari topi baseball jenis ini adalah lidah topinya yang lurus ‘tegap’ dan lebar dan kuat. Walaupun nenek moyang topi snapback ini adalah topi  olahraga. Sekarang peruntukkannya lebih ke streetwear, condongnya pada dunia musik hip-hop karena penyanyinya yang hobi menggunakan snapback saat tampil atau dalam penampilan publik lainnya.

3. Trucker
Biar Makin Keren dengan Topi Baseball, Baca Ini Dulu
Sesuai namanya, ini adalah topinya para supir truk. Setidaknya begitulah yang sejarah katakan. Trucker mirip dengan Sport Cap dimana perbedaan utamanya terletak di bagian belakang topiTrucker punya jaring-jaring khas untuk keperluan sirkulasi udara. Dibandingkan jenis topi baseball lainnya, yang satu ini nampaknya kurang begitu diminati. Apakah karena jaring-jaringnya?

4. Daddy Cap


Sering liat orang tua (umumnya bapak-bapak) pakai topi? Daddy cap inilah yang terpasang di kepala mereka. Well, sebenarnya topi ini mulai booming di era ketika topi baseball mulai diproduksi massal untuk kebutuhan diluar olahraga. Daddy berarti “ayahnya”  topi baseball untuk penggunaan umum. Sebab itulah yang kebanyakan pakai yang tua-tua.

5. High-End Cap

Para produsen high-fashion pun tentunya cari untung juga lewat kepopuleran topi baseball ini. Fokus mereka terletak pada material topi yang menggunakan kualitas terbaik. Sehingga tidak heran harganya jadi melambung tinggi.

Sekarang mari lanjut ke beberapa tips penting sebelum supaya penampilan dan kenyamanan yang Anda rasakan akan lebih maksimal saat menggunakan topi baseball.

  • Pilih warna yang minimalis: Pilih warna topi yang netral tanpa ornamen yang ramai. Jangan sampai topi Anda jadi pusat perhatian.
  • Pilih yang pas di kepala: Kenyamanan nomer satu. Pilih yang ‘klep’ di kepala, jangan terlalu longgar, jangan juga terlalu sempit. Ini dapat bikin kepala Anda sakit serta meninggalkan cetakan garis yang akan membuat kepala Anda terlihat konyol.
  • Jangan pakai di balik: Kecuali jika Anda ingin terlihat seperti bocah yang norak, pastikan selalu lidah topi berada di depan. Bila situasinya genting, baru boleh membalik topi.
  • Cek juga bahannya: Sesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan. Jika olahrga atau aktivitas yang menguras banyak keringat, pakai yang berbahan cotton. Jika sekedar jalan santai, topi berbahan leather bisa jadi pilihan bagus.

FYI, beberapa gambar topi di atas kami ambil dari partner merchant kami. Bila tertarik ingin bawa pulang topi tsb, bisa banget! langsung aja klik gambarnya untuk beli dan bayar pakai EmpatKali untuk cicil barang tsb sebanyak 4X. Bebas bunga selamanya!