TKB90: 98.73%

7 Cara Mengatur Keuangan di Usia 20-an

March 23rd, 2020

Kehidupan sebagai orang dewasa yang sesungguhnya dimulai di usia 2-0an. Di tahap ini kamu membangun pondasi, finansial merupakan salah satu komponen pentingnya. Bagaimana cara kamu mengatur keuangan di usia 20-an ini berdampak sangat besar terhadap situasi finansial kamu di masa tua nanti.

EmpatKali telah merangkum bagaimana cara mengatur keuangan di usia 20-an melalui tujuh poin dibawah ini.

Tujuh Cara Mengatur Keuangan di Usia 20an

1. Jangan Konsumtif

Masa muda memang penuh gairah. Di awal usia 20-an, penghasilan sudah ada dan tanggungan umumnya masih sedikit. Godaan untuk konsumtif momen-momen seperti ini memang sulit dibendung, tapi jika kamu mampu menahan diri, dampak kedepannya akan sangat bagus.

Cara mengatur keuangan berkaitan dengan kebiasaan. Di tahap usia awal 20-an kamu sedang membentuk kebiasaan baru, jika kamu terlena oleh budaya konsumtif dan terjerumus kedalamnya, ini akan menjadi habit yang merusak secara perlahan. Seiring berjalannya waktu, dan bertambah pula penghasilan, nafsu untuk spend more akan sulit ditahan.

2. Pelajari terus ilmu-ilmu tentang keuangan

Ilmu tentang keuangan yang kamu dapat dari sekolah belum cukup. Di sekolah kamu lebih banyak menerima ilmu keuangan untuk lingkup makro. Ekonomi, akuntansi, pajak, semuanya diajarkan dengan tujuan menyiapkan siswa untuk terjun ke dunia kerja. Apakah sekolah pernah mengajari tentang cara mengatur keuangan pribadi khususnya di usia 20-an? Sepertinya belum ada.

Bekal ilmu keuangan yang kamu terima dari institusi pendidikan masih sangat kurang. Masih banyak banget ilmu keuangan khususnya untuk pengelolaan pribadi yang belum kamu pahami. Kabar buruknya, tidak ada orang yang mau mengajari kamu soal ini, harus belajar sendiri.

3. Budgeting

Budgeting adalah inti dari cara mengatur keuangan, entah kamu lagi di usia 20-an atau bukan, nggak masalah. Budgeting pada dasarnya adalah merencanakan seberapa besar uang yang mesti keluar untuk periode tertentu (umumnya per bulan).

Dengan melakukan ini, kamu akan lebih hati-hati dan teliti saat hendak mengeluarkan uang, karena sebelumnya kamu paham kategorisasi pengeluaran berdasarkan prioritasnya

Selain itu, akan kelihatan juga pola aktivitas keuangan kamu setiap bulannya sehingga kamu bisa prediksi laju keuangan di bulan-bulan berikutnya. Cara mengatur keuangan dijamin akan lebih menyenangkan jika didasari oleh aktivitas budgeting.

4. Sisihkan pendapatan untuk investasi

Berdasarkan penelitian bank OCBC NISP, hanya 2% milenial yang tertarik investasi. Penyebabnya? Investasi dipandang berisiko. Padahal, investasi tidak sebatas saham saja (yang terkenal dengan risiko tingginya)

Ada beberapa instrumen investasi rendah risiko lainnya seperti reksadana atau obligasi. Investasi bisa jadi cara mengatur keuangan yang baik karena sifat daripada aset hasil investasi yang nilainya fluktuatif.

5. Siapkan dana darurat

Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya. Musibah bisa saja datang secara tiba-tiba tanpa peduli apakah kamu udah siap atau belum. Contoh nyatanya ya kasus pandemi covid-19 ini. Banyak PHK terjadi, belum lagi yang terinfeksi dimana dirinya harus merogoh kocek yang tak sedikit.

Menyiapkan dana darurat juga termasuk cara mengatur keuangan yang tepat di usia 20-an. Dengan menyiapkan setidaknya 3 kali pendapatan bulanan, kamu bisa lebih siap jika musibah (yang mengharuskanmu keluar uang banyak) datang.

6. Perbanyak keran pemasukkan kamu

Orang kaya rata-rata punya lebih dari satu keran pemasukkan. Musisi atau penulis contohnya, mereka dapat honor dan royalti setiap karyanya terjual. Investor juga bisa jadi opsi dimana kamu bisa dapat bunga atau dividen tiap tahun atau bulannya.

7. Siapkan dana pensiun

“Kan tua masih lama, kenapa buru-buru?” Oh tentu kamu harus buru-buru dan sigap tentang hal ini. Semakin awal memulai, semakin bagus.

Kalau di perusahaan tempat kamu kerja menyediakan program jaminan hari tua, kami sarankan ikut. Tapi sebaiknya juga jangan mengandalkan satu program pensiun saja, kamu bisa inisiatif ikut program diluar yang diwajibkan pemerintah. Compound interest juga bisa kamu jadikan opsi untuk dana pensiun. Ini semacam deposito berjangka yang amat menguntungkan.

Layanan cicilan tanpa bunga dan tanpa kartu kredit EmpatKali tentunya juga mendukung topik cara mengatur keuangan di usia 20-an. Fasilitas bunga 0% selamanya yang EmpatKali tawarkan akan meringkan beban yang biasanya kamu terima saat mencicil barang.

EmpatKali menawarkan konsep yang lebih kepada split-payment. Mau daftar EmpatKali? Yuk download dulu appnya di Play Store atau App Store.