TKB90: 98.73%

Contoh Email Marketing yang Menarik dan Cara Bikinnya

March 19th, 2020

Gimana sih contoh email marketing yang menarik? Pertama-tama, biarkan kami mengutip perkataan bapak advertising Claude C. Hopkins dari bukunya, Scientific Advertising:

“The condition has been corrected. Now the only uncertainties pertain to people and to products, not to methods.”

Bikin email marketing yang menarik yang salah satu contoh nya bisa mempengaruhi pembaca untuk taking action ternyata ada aturan mainnya.

Email marketing lebih efektif dari segi ROI dibandingkan kanal marketing lainnya lainnya. Jika kamu bikin konten gak menarik di email, sayang banget karena kamu menyia-nyiakan potensinya.

Berikut adalah beberapa tips tentang gimana sih cara bikin dan contoh email marketing yang menarik yang mampu ningkatin penjualan online kamu.

Cara bikin dan contoh email marketing yang menarik

1. Email marketing yang menarik pake bahasa yang personal

contoh email marketing yang menarik

Kami sering banget baca email marketing yang seolah-olah pengirimnya lagi bicara sama robot. Pengirim nggak menganggap kita sebagai manusia. Darimana kita tau? Dari gaya kalimat pengirim yang sepenuhnya menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Bayangin seorang sales lagi presentasi di depan prospeknya. Sales tersebut hanya koar-koar tentang kelebihan produk tapi gagal menghubungkannya dengan persona si prospkenya tsb. Hasilnya nggak connect.

Email marketing sama aja kayak kegiatan berjualan. Bedanya disini, kamu memanfaatkan tulisan sebagai senjata utama. Contoh email marketing yang menarik selalu pake bahasa personal saat berkomunikasi dengan pembaca.

Intinya, sebaiknya tulis email marketing layaknya nulis surat kepada seseorang

2. Email marketing yang menarik itu simple

contoh email marketing yang menarik

Pembaca biasanya nggak punya waktu banyak waktu buat baca email yang baru aja kamu kirim. Mereka mungkin notice, liat sebentar, tutup, dan melupakannya.

Gaya tulisan punya peran besar disini. Gaya tulisan minimalis terbukti selalu bikin email marketing lebih menarik dibandingkan yang wordy. Plus pastikan juga pake bahasa universal yang semua orang ngerti.

Hindari jargon karena kamu ngirim email bukan untuk menghibur pembaca. Kamu lagi nawarin produk atau layanan dan ini perkara serius.

4. Email marketing yang menarik itu storytelling

contoh email marketing yang menarik

Cerita dipakai untuk menambah sentuhan personal pada email marketing. Semua orang suka cerita, dan contoh email marketing yang menarik adalah dimana kontennya “bercerita”.

Cerita ditulis sebagai preamble sebelum pembaca dibawa ke produk/layanan yang dijual. Cerita akan mencuri perhatian pembaca, mereka akan jadi lebih tertarik untuk taking action pada akhirnya.

5. Email marketing yang menarik nyebut nama pembaca

aplikasi paylater empatkali

Email yang mengatasnamakan spesifik orang tertentu lebih menarik dan personal dibandingkan email yang mengatasnamakan perusahaan.

Ketika kita baca email atas nama entitas tertentu (diatas individu), rasanya biasa aja. Tapi ketika kita tau siapa penulisnya secara spesifik, rasanya seperti lagi ngobrol langsung dengan orang tersebut.

Walaupun kedengarannya sepele, tapi dengan menambahkan “oleh” di setiap pembukaan email marketing, pembaca akan merasa lebih personal. Ada kepastian tentang “saya sedang bicara dengan siapa”

Kesimpulannya

Email marketing yang menarik adalah layaknya interaksi personal antara dua orang manusia. Mungkin dulu kamu nganggap email marketing yang menarik ini harus dibuat seprofesional mungkin, tapi ternyata perlu serumit itu.

EmpatKali adalah aplikasi paylater dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa bunga selamanya.

Kamu bisa beli produk di ratusan partner merchant kami. Bayarnya empat kali, bayar 25% dulu di awal, 75% sisanya nanti.

Download aplikasi paylater EmpatKali di Google Play atau App Store.