TKB90: 98.73%

Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Corona

March 18th, 2020

Akibat virus Corona COVID-19 yang menyebar amat cepat, himbauan social distancing mulai diserukan guna memperlambat pergerakan virus ini.

Institusi pendidikan di Indonesia dan seluruh dunia banyak yang diliburkan. Siswa dianjurkan untuk belajar dari rumah. Semua kegiatan yang mengundang orang untuk berkumpul akan dihentikan sementara.

Setidaknya selama beberapa minggu ke depan, karyawan di seluruh dunia akan banyak yang bekerja dari rumah.

Mungkin Anda senang (hemat ongkos) sekaligus sedih (kesepian) dengan sistem kerja dari rumah ini. Tapi mau tidak mau ini harus Anda lakukan demi membantu menekan penyebaran virus Corona di Indonesia ini.

Berikut beberapa tips bekerja dari rumah di tengah wabah corona agar Anda tetap produktif dan happy:

Baca juga: Pelajaran Penting di Tengah Wabah Corona

1. Internet On
Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Corona
Akhirnya Wi-Fi di rumah Anda bisa berguna juga.Tapi ingat, jangan sampai Anda malah mindless browsing dengan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

Selama delapan jam kerja (atau lebih), khususkan aktivitas berinternet Anda terbatas pekerjaan. Kerja di rumah distraksinya jauh lebih berat dibandingkan bekerja di kantor. Jadi jangan sampai lengah.

2. Stand by selalu
Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Corona
Saat di kantor, komunikasi dengan rekan kerja atau atasan terasa effortless karena Anda dapat menemuinya secara langsung dan berbicara.

Tapi kalau bekerja dari rumah, Anda tidak diawasi dan rasanya seperti bekerja sendiri. Terkadang Anda juga merasa kesepian sehingga semangat kerja bisa terganggu.

Jadi pastikan Anda stand by selalu dengan beragam messaging tool yang kantor Anda pakai seperti Slack, Zoom, Google Hangout, atau Workplace.

3. Buat area khusus bekerja
Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Corona
Ini adalah hal terpenting yang mesti Anda lakukan jika bekerja dari rumah.

Ketika Anda berangkat ke kantor, Anda paham bahwa di kantor Anda akan ‘bekerja’. Otomatis Anda akan lebih fokus karena conditioning kantor = tempat kerja yang Anda buat.

Rumah adalah tempat melepas penat sehabis bekerja. Nah sekarang karena Anda harus bekerja sekaligus melepas penat di tempat yang sama, ini yang agak sulit.

Anda bisa mengakalinya dengan membuat area khusus bekerja. Atur meja, laptop, dan perangkat lainnya senyaman mungkin. Jangan lakukan hal lain selain bekerja di area khusus bekerja ini.

Baca juga: Hey Milenial, Udah Paham Soal Uang?

4. Buat jadwal yang terstruktur
Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Corona
Mengingat minimnya pengawasan saat bekerja di rumah, banyak orang cenderung bekerja seenaknya tanpa peduli waktu. Sebaiknya Anda waspada karena ini bisa membuat hari Anda jadi berantakan.

Saat bekerja di rumah, tetapkan goal harian beserta runtutan tugas untuk mencapainya.

Untuk mengeksekusi tugas-tugas itu agar lebih efektif, time management skill sangat dibutuhkan. Dan Google Calendar akan membantu Anda untuk itu.

Ingat, tidak akan ada atasan atau kolega yang memantau Anda disini. Anda harus sadar dan bergerak sendiri.

5. Bangun pagi
Tips Bekerja dari Rumah di Tengah Wabah Corona
Anda mungkin berpikir karena bekerja di rumah, jadi bisa bangun seenaknya. Salah. Bangun siang justru merugikan Anda.

Apa yang terjadi jika atasan Anda menghubungi di pagi hari saat Anda masih terlelap? Apa alasan yang akan Anda berikan?

Ketika bekerja dari rumah, kecepatan Anda dalam merespon atasan atau kolega sangat dinilai. Banyak penelitian juga menyebutkan bahwa bangun pagi membuat Anda lebih bahagia dibandingkan bangun siang.

6. Dandan seperti biasa


Penampilan mempengaruhi psikologis Anda. Bekerja dari rumah berarti Anda bebas mau berpenampilan seperti apapun.

Tidak mandi seharian? Tidak masalah. Pakai celana boxer dengan kaos rombeng? Siapa yang peduli?

Tetapi tanpa sadar sayangnya ini mempengaruhi motivasi Anda saat bekerja. Anda akan cenderung lebih malas dengan ‘pakaian rumahan’

Apabila Anda berpakaian dengan rapi seolah-olah mau berangkat ke kantor, motivasi kerja Anda akan meningkat.

Baca juga: Tampil Gaya dengan 7 Pilihan Tas Kulit Asli dari JWetnik, Beli Aja Dulu!

7. Jaga kesehatan
home workout
Bekerja di rumah berarti tidak ada yang namanya perjalanan pergi-pulang kantor. Walaupun cuma 10-15 menit jalan kaki, manfaatnya sangat besar jika dilakukan setiap hari.

Sekarang karena Anda harus berada dalam ruangan sepanjang hari, Anda harus cari cara lain bagaimana agar otot tubuh Anda tetap bekerja.
Solusinya adalah home workout yang bisa dilakukan setiap hari usai bekerja (pagi hari juga disarankan)

Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan makan makanan sehat. Di tengah wabah Corona seperti ini, imunitas tubuh paling penting.