TKB90: 98.73%

Cara Mencuci dan Merawat Jeans, Jangan Masukin Freezer

Fashion & Style,
March 12th, 2020

Jika kamu cari panduan cara mencuci dan merawat jeans di internet, kamu pasti menemukan saran untuk memasukkan jeans kedalam kulkas atau freezer guna membunuh bakteri yang hinggap di jeans.

Faktanya, memasukkan celana jeans kedalam freezer adalah usaha yang sia-sia. Menurut Stephen Craig Cary, seorang ilmuwan bakteri dari Universitas Delaware, tidak semua bakteri mati pada temperatur beku. Bakteri telah beradaptasi sehingga mereka mampu bertahan hidup dalam temperatur beku.

Baketri yang bertahan tersebut akan hidup kembali begitu bersentuhan dengan kulit manusia yang hangat. Dalam sekejap, bakteri akan kembali menghuni celana jeans kamu.

Cuma ada satu cara untuk membunuh bakteri penyebab bau di celana jeans kamu, yaitu mencuci nya dan air dan deterjen. Namun mencuci celana jeans itu ada cara khusus.

Berikut Tahapan Cara Mencuci dan Merawat Jeans yang Benar

1. Sebelum mencuci, balik dulu celananya

Sebelum mulai membasuh celana jeans kamu, dibalik dulu celananya. Hal ini dilakukan untuk menjaga warna indigo (atau gelap) yang menjadi ciri khas celana supaya tidak luntur,

Sama seperti cara mencuci celana chino, kami merekomendasikan untuk mencuci celana jeans kamu secara manual pakai tangan saja. Tapi jika situasi tidak memungkinkan, pakai mesin cuci tidak masalah.

2. Cuci pakai air dingin

Suhu air yang terlalu panas bisa merusak warna indigo (atau gelap) yang dimiliki celana jeans guys. Oleh karena itulah sebaiknya gunakan air dengan suhu rendah.

3. Deterjennya sedikit saja

Tips ini berlaku bagi seluruh jenis pakaian, terutama yang berwarna gelap. Sebaiknya gunakan deterjen tanpa pemutih supaya warna indigo di jeans kamu tetap utuh. Kalaupun kamu kepepet tidak punya deterjen tanpa pemutih dan tidak ada waktu buat belinya, maka atur kadar bubuknya agar tidak terlalu banyak.

4. Saat mengeringkannya

Langkah terakhir dalam tahapan cara mencuci jeans yang benar adalah bagaimana mengeringkannya. Yang mesti kamu ketahui adalah, hindari mengerinkan celana jeans kamu dengan mesin pengering bawaan mesin cuci.

Suhu panasnya bisa merusak warna dan membuat celana jeans kamu nyusut. Opsi terbaiknya yaitu mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan di udara terbuka tanpa paparan langsung sinar matahari.

Apabila kamu nggak punya pilihan selain mengeringkannya dengan mesin pengering, maka atur suhunya serendah mungkin (low heat).

Cara Mencuci dan Merawat Jeans dari Bos Levi’s

Mencuci celana jeans nggak perlu dilakukan secara rutin. CEO Levi’s sendiri, Chip Bergh, dalam suatu wawancara mengatakan ia tidak mencuci celana jeans favoritnya selama 10 tahun.

Menurutnya celana jeans tidak dibuat untuk dicuci. Jika ada yang kotor, cukup bersihkan on the spot dengan cara mengelapnya menggunakan lap yang dibasuh alkohol.

Bergh bisa berkata demikian karena ia adalah seorang CEO yang tentu gaya hidupnya berbeda dengan kita. Faktor Lingkungan juga berpengaruh.

Iklim tropis yang tempat kita tinggal bisa dibilang lebih rentan dalam hal ‘mengotori’ celana jeans kita. Kalau celana jeans sudah teramat kotor, mau tak mau kita harus merendamnya dalam air kan?

Buat kamu yang lagi cari celana jeans dengan kualitas top, EmpatKali punya nih referensi brand lokal terbaik untuk kategori ini. Kamu bisa browsing disini dan bayarnya pakai cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa bunga EmpatKali!

Sebelumnya pastikan kamu udah terdaftar dulu sebagai pengguna EmpatKali. Jika belum, kamu bisa download aplikasi EmpatKali di Play Store dan App Store.