TKB90: 98.73%

Seni Menjual Ide Bisnis Anda

March 10th, 2020

Percuma jika perusahaan anda punya konsep bisnis yang menakjubkan tapi anda gagal menyampaikan ide tersebut kepada khalayak publik.
Di era digital saat ini, informasi diproduksi dalam jumlah masif setiap harinya. Setiap orang bisa terpapar ratusan hingga ribuan informasi yang beragam setiap hari.
Persaingan untuk menarik perhatian prospek pengguna anda cukup berat memang, tapi kita semua paham bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.
Syarat pertama sebelum anda terjun ke masyakarat untuk menjual apa yang anda tawarkan, anda harus:
Memahami Unique Selling Point (USP) Bisnis Anda

Apa itu unique selling point? Sesuai akronimnya “unique”, apa kiranya hal unik yang membuat bisnis anda berbeda dengan model bisnis serupa yang dijalani kompetitior anda.
Apple dan Samsung sama-sama menjual smartphone yang tujuannya sama – komunikasi, internet, hiburan, dll
Tapi mereka berbeda.
Apple punya signature-nya sendiri seperti premium, simplicity, dan elegan. Begitu juga Samsung dengan layar AMOLED-nya.
Apple Iphone
Mereka sukses menyampaikan USP-nya kepada masyarakat sehingga mampu menciptakan komunitas pasar yang setia pada produk mereka. Bahkan banyak konsumen mereka yang rela menginap atau antri panjang demi mendapatkan produk baru yang akan dirilis.
Inilah kekuatan dari USP, kekuatan sebuah brand.
Saya Akhirnya Mengetahui USP Bisnis Saya, Selanjutnya?

Rancang strategi untuk menyampaikan ide tersebut kepada publik. Ketahui bahwa merancang strategi komunikasi itu sendiri sama pentingnya dengan menemukan USP bisnis anda.
Strategi Marketing
Tanpa strategi marketing communication yang tepat, pesan yang ingin anda sampaikan tidak akan menyasar pada lingkungan yang tepat. Sehingga jadinya sia-sia
Baca juga: Seberapa Penting Customer Experience Bagi Bisnis
Untuk membangun strategi komunikasi yang tepat, anda butuh

  • Copywriter yang hebatCopywriter bertanggung jawab pada setiap selling message yang disampaikan perusahaan. Copywriter yang hebat adalah ia yang mampu mengombinasikan USP dengan topik-topik yang relevan dengan prospek bisnis anda.
  • Social Media Specialist yang hebat. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 3 jam setiap harinya untuk mengakses sosial media entah itu Instagram, youtube, atau facebook. Sosial media adalah tempat orang berkumpul, jika anda datang dengan sesuatu yang unik dan memberikan value, maka orang akan tertarik.
  • Graphic Designer yang hebat. Gambar berperan penting sebagai elemen pendukung dari pesan yang anda sampaikan. Orang menilai dari penampilan dan ini penting bagi bisnis Anda. Jika anda dapat menyajikan tampilan UI dan konten gambar pada sosial media secara outstanding, orang akan tertarik dan menaruh perhatian pada bisnis anda.

Kesimpulannya
Menjual ide bisnis anda pada publik pada hakikatnya sama dengan menyampaikan cerita. Semua orang menyukai cerita dan cerita yang bagus bisa anda dapatkan dari kombinasi yang sinergis antara copywriter, social media specialist, dan graphic designer yang tepat.