TKB90: 98.73%

Baca Ini Sebelum Memilih Sepatu Kulit

Fashion & Style,
March 9th, 2020

Sejelek apapun penampilan atasan kamu, kalau kamu pakai sepatu yang bagus, selesai sudah permasalahan itu.
Bagi para pria, sepatu adalah hal yang pertama diliat orang lain saat mereka lagi diluar. Banyak juga yang menilai seorang pria hanya berdasarkan sepatu yang dipakainya. Sepatu itu ibaratnya mahkota bagi para pria.
Terdapat beberapa jenis sepatu yang bisa dipake pria, tapi kalo bicara yang paling manly, sepatu kulit adalah jawabannya. Kombinasi antara t-shirt, celana jeans, dan sepasang sepatu kulit adalah semua yang kamu butuhkan untuk tampil macho.
Tapi masalah belum selesai disini. Untuk mendapatkan sepatu berbahan kulit yang berkualitas, nyaman dipakai, dan tahan lama, kamu tidak bisa langsung asal pilih. Ada beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan.
Baca juga: Tampil Gaya dengan 7 Pilihan Tas Kulit Asli dari JWetnik, Beli Aja Dulu!
Simak empat hal penting dibawah yang harus kamu ketahui sebelum membeli sepatu kulit:
 
Pahami Jenis Kulitnya
Bahan dasar sepatu kulit adalah kulit. Jadi sudah jelas jenis kulit yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas sepatu yang dihasilkan.
Setidaknya, kamu dapat memahami perbedaan dasar antara full-grain leather dan corrected-grain leather. Urutan tertinggi dari segi kualitas dimulai dari sepatu kulit full-grain. Semakin mahal harga sepatu, semakin besar kemungkinan sepatu itu menggunakan kulit jenis ini.
Corrected-grain itu sendiri punya beberapa jenis lainnya seperti crazy-horse leather, suede leather, dan nubuck leather.
 
Pahami Cara Pembuatannya
Ada tiga metode yang digunakan para pengrajin sepatu dalam membuat sepatu:

  • Goodyear Welting
  • Blake Welting
  • Cementing

Sepatu kulit yang berkualitas tinggi dan mahal selalu menggunakan Goodyear Welting dalam pembuatannya. Blake Welting satu level dibawah goodyear welting tetapi kualitas masih bisa dibanggakan.
Sementara metode cementing biasanya digunakan untuk produksi masal. Inilah mengapa kualitas sepatu kulit yang menggunakan metode cementing banyak yang mengecewakan dan tidak tahan lama.
 
Percaya Pada Brand
Di Indonesia, cukup banyak produsen lokal yang memproduksi sepatu kulit dengan kualitas yang tinggi. Salah satunya adalah brand lokal Sagara dengan tagline mereka: Handwelted Goodyear Construction.
Harganya memang mahal mengingat produk sepatu kulit yang dibuat mereka memenuhi segala syarat yang dibutuhkan untuk menghasilkan sepatu kulit berkualitas tinggi.
Di samping itu, kita juga punya nama seperti Brodo, Otiv, dan Guten.Inc yang juga memproduksi sepatu kulit dengan kualitas tinggi.
 
Harga Gak Bisa Bohong
Jangan langsung nafsu kalau kamu melihat sepatu kulit dengan harga miring. Besar kemungkinan sepatu tersebut hanya akan bertahan dalam beberapa bulan saja sebelum rusak dan menjadi rongsokan.
Sepatu kulit murah biasanya diproduksi secara masal dengan konstruksi cementing level rendah. Terlalu mahal untuk beli sepatu kulit yang bagus? Tidak masalah. Kan bisa pakai EmpatKali,
 
Rekomendasi Kami
1. Regent – Dark Sienna Pull up
Sepatu Kulit Sagara
 https://www.sagarabootmaker.com/product/regent-dark-sienna-pull-up/
2. Chelsea Parang Jati Full Black
Sepatu Kulit Brodo
https://bro.do/collections/boots
3. Otiv Bianca Black
Sepatu Kulit Otiv
 https://otiv.co.id/shop/otiv-bianca-black/