TKB90: 98.73%

5 Pewarna Pakaian Alami yang Bisa Dimanfaatkan

Fashion & Style,
March 9th, 2020

Sejak seorang Inggris pada akhir abad ke 19 menemukan pewarna tekstil berbahan sintetik, “revolusi industri” di bidang pewarna pakaian dimulai.
Dalam sudut pandang ekonomi kapitalis, pewarna pakaian berbahan kimia dinilai lebih efektif dan efisien untuk produksi masal. Tetapi dalam sudut pandang lingkungan hidup, penggunaan pewarna pakaian kimiawi bukanlah ide yang populer.
Kamu yang penasaran bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk mewarnai pakaian. Berikut informasinya:
1. Warna Biru – Tarum (Indigofera Tinctoria)
Pewarna Alami
 
Warna biru secara alami bisa kamu dapatkan dari tumbuhan yang satu ini. Caranya mengekstraknya pun cukup mudah untuk dipraktikan. Petik daun tarum dalam jumlah yang banyak dan kemudian rendam semalaman. Rebus air rendaman tersebut, keringkan, dan pewarna alami siap digunakan.
2. Warna Oranye – Wortel

Wortel tidak hanya dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik, wortel juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan dan pakaian. Ekstrak warna oranye wortel dari air hasil perasan wortel setelah memblendernya.
3. Warna Pink – Berry
Pewarna Alami
Buah berry ternyata bisa juga kamu pakai untuk warna pink pada pada pakaianmu. Rebus buah berry hingga warna air rebusannya berwarna ungu pekat. Kemudian rendam pakaian yang ingin kamu warnai dan biarkan selama satu jam dengan level panas yang rendah.
4. Warna Kuning – Kunyit
Pewarna Alami
Kepopuleran kunyit di Indonesia tidak usah diragukan lagi. Kunyit adalah salah satu alasan para penjajah dari Eropa datang ke Nusantara ratusan tahun yang lalu. Untuk mengekstrak warna kuning dari kunyit, parut hingga halus kemudian parutan tersebut direbus dan didiamkan hingga hingga dingin.
5. Warna Coklat – Kopi
Pewarna Alami
Kopi sudah menjadi bagian hidup kita. Biji yang dihasilkan tanaman ini menyediakan banyak manfaat menakjubkan bagi kita. Tidak hanya untuk dikonsumsi, kopi bahkan dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk pakaian.

Bagaikan minyak dan air, segala hal yang berhubungan dengan “kimiawi” tidak pernah sejalan dengan misi pelestarian lingkungan hidup.
Jika kamu seseorang yang peduli dengan keselamatan lingkungan dan mempertimbangkan untuk menggunakan produk ramah lingkungan, varian apparel dari Bluesville adalah pilihan terbaik. Dan yang gak kalah penting, kamu bisa bayar pakai EmpatKali juga!