TKB90: 98.73%

Seberapa Penting Customer Experience Bagi Bisnis?

March 6th, 2020

Bayangin kamu berencana menggunakan provider internet A untuk kantor kamu. Terus kamu cari di internet tentang ulasan pengguna yang pernah pakai provider internet tersebut.
Kamu kaget saat melihat kebanyak ulasan yang diberikan negatif. Kamu jadi khawatir dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan provider internet lainnya.
Padahal ini pengalaman orang lain, bukan kamu sendiri yang mengalami. Tapi ini udah cukup untuk menyimpulkan bahwa provider internet A adalah pilihan yang buruk.
Ulasan-ulasan tersebut adalah outcome dari customer experience yang dimiliki provider internet A. Kamu pastinya gak ingin ini terjadi pada bisnis kamu bukan?
Apa itu Customer Experience
customer experience adalah
Customer experience adalah pengalaman dan kesan menyeluruh yang pengguna rasakan setelah mereka menggunakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Customer experience tidak hanya dinilai dari seberapa puasnya pengguna terhadap produk atau jasa itu sendiri, tetapi meliputi keseluruhan proses sejak impresi pertama hingga after sales service. Jadi semua faktor berperan.
Apa bedanya dengan Customer Service
customer experience adalah
Walaupun keduanya punya tujuan yang sama –menyenangkan pengguna, tetapi customer experience memiliki scope yang lebih luas dan dampak terhadap bisnis yang juga lebih besar.
Customer Service lebih ke pelayanan pengguna dalam arti adanya tindakan aktif dan reaktif diantara pengguna dan tim CS.
Pengguna punya pertanyaan terkait produk atau layanan maka dari itulah perusahaan harus memiliki tim yang bekerja untuk itu.
Layanan CS yang baik berkontribusi dalam menciptakan good customer experience.
Gimana Cara Meningkatkan Customer Experience
Customer experience adalah segalanya dan ungkapan ini sangat tepat. Manusia adalah makhluk empati yang dapat memahami sesuatu cukup berdasarkan pengalaman manusia lainnya.
Outcome dari customer experience adalah perasaan emosional yang mendalam yang dirasakan seorang pengguna terhadap suatu produk atau layanan yang baru saja digunakannya.
customer experience adalah
Jika mereka tidak senang, artinya perusahaan gagal menghadirkan customer experience yang baik dan mereka akan menceritakan pengalaman buruknya ini kepada dunia.
Reputasi bisnis yang kamu jalani menjadi buruk dan inilah yang amat bahaya.
Tiga hal berikut adalah fundamental untuk menciptakan a great customer experience untuk pengguna kamu, cek dibawah:
1. Pahami User Persona
customer experience adalah
Setiap bisnis pasti punya target market dan kamu harus paham ini secara menyeluruh dan mendetail sampai ke akar-akarnya.
Jika kamu berbisnis mobil mewah, maka sudah jelas bagaimana karakteristik konsumen yang menggunakan mobil mewah. Apa pekerjaannya, penghasilannya, gaya hidupnya, dll.
Dengan memahami user persona, hubungan yang lebih emosional dan intim antara perusahaan dan pengguna akan terjadi. Berhasil menciptkan hubungan emosional yang baik adalah syarat meningkatkan customer experience.
Intinya, tak kenal maka tak sayang.
2. Revaluasi User Journey
customer experience adalah
User Journey lebih lekat dalam sisi teknikal. Pada bisnis yang dilakukan secara online, user journey adalah perjalanan pengguna sejak ia pertama kali mebuka homepage, melihat-lihat produk, checkout, bayar, hingga produk sampai pada tangannya.
Perusahaan harus memastikan setiap detail dari perjalanan tersebut menyenangkan dalam sisi pengguna. Ini bukan pekerjaan remeh dan dibutuhkan seseorang yang punya keahlian khusus untuk membangun user journey yang menyenangkan.
Posisi inilah yang dikenal sebagai UX Researcher. Kamu dapat mempertimbangkan untuk merekrut seorang UX Researcher karena peran ini punya pengaruh yang besar terhadap customer experience
3. Tingkatkan Performa Tim Customer Service

customer experience adalah
Tim CS menjadi ujung tombak dalam hal interaksi langsung yang dilakukan antara perusahaan dan pengguna.
Pengguna biasanya menyimpulkan apakah sebuah perusahaan adalah perusahaan yang keren atau enggak berdasarkan performa CS-nya.
Jika kamu seorang pengusaha atau membawahi tim CS, pastikan mereka diisi oleh orang-orang yang punya passion atau bakat alami untuk membantu orang lain.

Di EMPATKALI sendiri, kami berusaha sebaik mungkin untuk memberikan pengalaman membayar yang lebih menyenangkan untuk pengguna kami.
Bisnis yang kami jalankan kami berangkat dari tujuan untuk memudahkan hidup banyak orang dalam segi finansial.
Kami percaya belanja dapat lebih menyenangkan jika pengguna dapat opsi untuk membayar secara mencicil dengan bunga 0% selamanya.
Kami juga percaya peritel-peritel di bidang fashion juga terbantu dalam segi peningkatan performa bisnis mereka dengan layanan yang kami tawarkan
Tertarik untuk merasakan terobosan baru dalam membayar? Langsung aja download mobile app kami!
Atau kamu peritel yang ingin meningkatkan penjualan? Langsung aja daftar sebagai partner merchant kami!