TKB90: 98.73%

5 Sifat Esensial Para Pengusaha Sukses

March 4th, 2020

Saat kamu memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, kamu mengucapkan selamat tinggal pada kenyamanan dan siap hidup dalam dunia yang penuh dengan ketidakpastian.

Semua pengusaha punya tujuan yang sama –membawa bisnisnya sukses, diterima masyarakat, dan berkontribusi positif pada dunia.

Untuk mencapai hal tersebut, ada beragam faktor yang berpengaruh. Tetapi kalau diurutkan dari yang paling atas, sifat atau karakteristik yang dimiliki pengusaha adalah jawabannya.

Berbagai kisah tentang pengusaha atau entrepreneur sukses bisa kamu temukan dimana-mana. Tapi, kalau kamu lihat polanya, mereka sebenarnya memiliki banyak kesamaan dalam hal sifat yang dimilikinya.

Berikut kami rangkum beberapa sifat essensial yang dimiliki setiap pengusaha sukses:

Baca Juga: Langkah Sederhana Tingkatkan Penjualan Online, Sudahkah Bisnis Anda Melakukannya?

1. Aku Ingin Memecahkan Masalah

Banyak orang menjadi pengusaha karena ingin kaya dan ini adalah kesalahan besar. Berbisnis adalah tentang memecahkan masalah, membantu orang lain, membuat hidup orang lain menjadi lebih mudah dan bahagia.

Para pengusaha besar pada awal perjalanannya selalu berangkat dari motivasi ini –memecahkan masalah.

Kualitas dari produk atau layanan yang kamu tawarkan cenderung meaningless jika kamu mengutamakan uang dibandingkan customer experience.

People is everything and it is true. Berikan value kepada pemakai jasa atau produk kamu maka mereka akan jatuh cinta kepadamu.

2. Aku Tidak Peduli Dengan Omong Kosong

Seperti yang pernah dikatakan Henry Ford:

Whether you think you can, or you think you can’t–you’re right.”

Para pengusaha sukses hanya mendengar dirinya sendiri. Mereka percaya pada apa yang dilakukannya. Mereka percaya inilah cara yang tepat. Mereka tidak peduli dan tidak terpengaruh dengan omongan-omongan yang meragukannya.

 
3. Aku Tidak Punya Karyawan
Kesuksesan suatu bisnis tidak lepas dari setiap orang yang bekerja di dalamnya. Setiap peran punya kontribusinya masing-masing dan pengusaha sukses berpikir semua peran sama pentingnya.
Pengusaha sukses melihat para karyawannya dalam pandangan yang berbeda. Mereka tidak melihat sebagai orang-orang yang bekerja dibawahnya. Mereka melihat sebagai orang-orang bekerja bersamanya dalam level yang sama.
Gary Vaynerchuck, pebisnis sukses asal Amerika, berkata dalam wawancaranya dengan Forbes:
I always approach my management style from the perspective that I am working for my employees. They’re the boss of me..”

 
4. Aku Harus Terus Belajar
Tokoh-tokoh besar dunia, tanpa terkecuali para pengusaha sukses, punya kesamaan dalam minat membaca buku yang besar.
Bill Gates setidaknya membaca 50 judul buku per-tahun. Warren Buffet setiap harinya meluangkan 5-6 jam hanya untuk membaca.
Membaca buku membuka perspektif baru. Kalau kamu menganggap orang yang super-kreatif diberkahi oleh bakat kreatif dari lahir atau semacamnya, kamu salah. Mereka gemar membaca.
 
5. Aku Harus Memiliki Rutinitas
Ray Zinn adalah seorang pengusaha sukses Silicon Valley yang bisnisnya bergerak di bidang Semikonduktor. Semenjak perusahaannya go public, harga saham perusahannya tidak pernah turun sekalipun dibawah harga IPO (Initial Public Offering) mereka.
Dalam wawancaranya dengan Greg Mckeown, penulis buku bestseller Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less, Ray mengatakan kunci keberhasilannya tidak lepas dari rutinitas yang dilakukannya secara konsisten setiap harinya selama puluhan tahun!
He has led the company as CEO for thirty-five years, and throughout that period Ray has followed an extraordinarily consistent routine. He wakes up at 5:30 A.M. every single morning, including Saturday and Sunday (as he’s done for more than fifty years). He then exercises for an hour. He eats breakfast at 7:30 A.M. and arrives at work at 8:15 A.M. Dinner is at 6:30 P.M. with his family. Bedtime is 10:00 P.M.

Omongan yang mengatakan bahwa untuk menjadi pengusaha sukses kamu butuh bakat wirausaha adalah mitos belaka.
Kita semua punya potensi yang sama untuk menjadi pengusaha sukses. Jika kamu adalah seorang pengusaha, bercerminlah dari kelima sifat diatas. Kamu akan memahami apa makna dari “pengusaha” yang sebenarnya.