TKB90: 98.73%

Corona Masuk Indonesia, Lakukan Ini Untuk Mencegahnya

Pay It In 4,
March 3rd, 2020

Kemarin, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia positif virus Corona.
Dua orang Indonesia pertama teridentifikasi adalah Ibu dan anak yang tinggal di Depok, Jawa barat.
Virus Corona ini diduga dibawa oleh seorang warga negara Jepang yang merupakan teman dansa dari si anak tersebut.
Ini adalah kabar buruk yang pastinya bikin kita semua cemas. Tapi mau gimana lagi? Ini udah terjadi dan cemas berlebihan tidak akan membantu kita sama sekali.
WHO (World Health Organization) dan berbagai ahli dan lembaga kesehatan dunia sudah menerbitkan informasiĀ  terkait mencegah virus Corona.
Berikut langkah-langkah mencegah virus Corona:
 
1. Jangan Panik
Saat ini para ilmuwan dunia di bidang kesehatan sedang bekerja keras untuk mencari vaksin untuk virus Corona, dan sejauh ini progresnya menunjukan hasil yang positif. Percayalah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Mari kita selalu mematuhi apa yang dimbau oleh pemerintah dan lembaga kesehatan yang kredibel.
 
2. Jaga Kebersihan Tangan
Tanpa disadari kita setiap harinya menyentuh berbagai benda yang terkontaminasi oleh ribuan kuman dan bakteri. Kemudian secara tanpa sadar juga, kamu memegang wajah kamu dengan tangan yang kotor tersebut. Inilah mengapa virus Corona masuk kedalam tubuh kamu.
Mulai sekarang, cucilah kedua tanganmu sesering mungkin dengan sabun yang mengandung alkohol. WHO menganjurkan kita untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik untuk memastikan kuman dan bakteri yang menempel pada tangan kita benar-benar terbunuh.
 
3. Jaga Imunitas Tubuh
Seseorang dengan imun tubuh yang rendah lebih rentan terserang virus dan penyakit. Berolahragalah secara rutin, tidur yang cukup, minum air putih yang banyak, dan konsumsi makanan sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.
 
4. Jaga Jarak Dengan Penderita ISPA
Gejala virus Corona serupa dengan gejala-gejala pada penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) lainnya seperti pilek, batuk kering, demam tinggi, dan sakit tenggorokan. Jika kamu menemukan orang dengan gejala yang disebutkan, ada baiknya untuk menjauh darinya untuk saat ini.
 
5. Gunakan Masker Saat Berada di Transportasi Umum
Resiko penularan virus meningkat di transportasi umum mengingat kamu bertemu dengan berbagai orang disini. Suka tidak suka kamu harus duduk atau berdiri secara berdekatan dengan orang lain yang bisa saja membawa virus Corona yang ditakutkan.
Menggunakan masker adalah hal yang tepat disini. Pilih jenis masker yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan seperti masker bedah atau masker n95.
 
6. Wajib Gunakan Masker Jika Kamu Batuk, Pilek, atau Flu
Jangan langsung panik jika sekarang kamu sedang batuk atau pilek atau flu. Belum tentu itu adalah pertanda bahwa kamu terjangkit virus Corona, bisa saja ini sekedar flu biasa.
Tetapi karena saat ini virus Corona sedang heboh dengan gejala yang mirip dengan flu biasa, menggunakan masker adalah langkah terbaik.
Selain membantu orang lain agar tidak tertular virus, kamu juga terlindungi dari virus Corona yang sebenarnya karena ketika kamu sedang pilek atau flu, imunitas tubuh kamu rendah.
 
7. Ingatkan Orang Lain Tentang Etika Batuk & Bersin
Diduga kuat virus Corona menyebar melalui percikan air yang dihasilkan penderitanya saat batuk atau bersin. Jangan takut menegur orang yang bersin atau batuk tanpa menutup mulutnya. Jika kejadian ini terjadi di angkutan publik, semua orang pasti akan mendukungmu. Tenang saja.
 
8. Temui Dokter Segera Jika Kamu Merasakan Gejala Virus Corona
Jika kamu merasakan gejala virus Corona seperti demam tinggi, batuk kering tanpa henti selama 3 hari, tenggorokan sakit, dan sesak napas, segera temui dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.
Sekali lagi, jangan panik adalah kuncinya, gunakan masker selalu agar keluarga dan orang-orang yang kamu sayangi tidak tertular.