TKB90: 98.73%

8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Fashion & Style,
February 29th, 2020

Sepatu bau itu gak asik. Sepatu bau itu merusak kepercayaan dirimu.
Saat kamu tau ada yang gak beres pada pakaian yang kamu kenakan, kamu jadi enggak nyaman dan kepikiran karenanya. Kamu jadi gak fokus saat berinteraksi dengan teman kamu.
Ngerinya lagi kalau teman kamu juga merasakan juga bau yang berasal dari sepatu kamu. Mereka akan ilfeel terhadapmu dan menyimpulkan bahwa kamu orang yang jorok.
Percayalah, kamu sangat enggak ingin hal ini terjadi.
 
Sepatumu Bau Karena..
Kombinasi antara keringat dan bakteri yang ada di kedua kakimu.
FYI, kaki memiliki jumlah kelenjar keringat yang paling banyak dibandingkan anggota tubuh lainnya. Dan bakteri secara alami selalu bertebaran di kulit kita.
Alhasil, keringat yang telah bersatu padu dengan bakteri tersebut menempel pada bagian dalam sepatu. Inilah mengapa sepatu kamu menjadi bau.
Tapi tenang, segala masalah yang ada di dunia ini selalu ada solusinya. Begitu pun dengan masalah sepatu yang bau ini.
Berikut delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau sepatu
1. Manfaatkan Sinar Matahari
cara menghilangkan bau sepatu
Kamu dapat memanfaatkan sumber daya alam terbarukan untuk menghilangkan bau sepatu. Sinar matahari ampuh membunuh bakteri yang menempel pada sepatu kamu. Pastikan juga kamu membuka lidah sepatu saat menjemurnya agar sinar matahari masuk secara menyeluruh.
2. Gunakan Kaos Kaki yang Menyerap Keringat
cara menghilangkan bau sepatu
Jangan beli kaos kaki yang 10 ribuan tiga. Mereka biasanya tidak terbuat dari bahan yang benar-benar menyerap keringat. Pilih produk kaos kaki dari brand-brand yang sudah terbukti ahli dalam urusan sepatu, contohnya kamu bisa pilih produk kaos kaki dari Footstep Footwear.
Kaos kaki yang tepat akan sangat membantumu menghilangkan bau sepatu.
3. Gunakan Baking Soda
cara menghilangkan bau sepatu
Metode pemanfaatan baking soda sangat populer untuk menghilangkan bau sepatu. Untuk memanfaatkannya, cukup taburkan bubuk soda kue ke bagian sol dalam sepatu kamu. Apabila kamu tidak ingin repot membersihkan sisa bubuk soda kue yang tersisa dalam sepatu, gunakan kaos kaki untuk menampungnya. Manfaatnya tetap sama.
4. Gunakan Parfum Sepatu

cara menghilangkan bau sepatu
Sepatu juga punya parfumnya sendiri dan ini dapat menjadi solusi yang pas buat kamu untuk menghilangkan bau sepatu. Tapi jangan sembarangan memilih parfum sepatu, pilihlah yang sudah teruji baik dari segi kualitas dan review pengguna.
Otiv dapat menjadi plihan yang baik bagi kamu untuk mencari beragam produk perawatan sepatu, salah satunya parfum sepatu.
5. Gunakan Teh Hitam
cara menghilangkan bau sepatu
Sebenarnya kamu juga bisa menggunakan kopi untuk menghilangkan bau sepatu. Namun karena bubuk kopi sulit dibersihkan, teh hitam menjadi alternatif terbaik mengingat kantong teh yang dimilikinya sehingga mudah membersihkannya.
Baca juga: Tampil Beda Dan Stylish Dengan Sepatu Brodo
Tannin yang terkandung dalam teh hitam dan kopi sangat ampuh untuk membunuh bakteri pada sepatu. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Cukup ambil 1 kantong teh hitam, masukkan ke dalam sepatu, dan biarkan semalaman. Keesokan paginya bau pada sepatu kamu hilang.
6. Masukkan Ke Dalam Freezer
cara menghilangkan bau sepatu
Bungkus sepatu kamu dengan plastik dan masukan ke dalam kulkas dan biarkan semalaman. Bagaimana bisa? Bakteri gak bisa hidup dalam temperatur beku. Itulah mengapa.
7. Gunakan Sabun Batangan
cara menghilangkan bau sepatu
Sama seperti teh hitam atau bubuk kopi, kamu juga bisa memanfaatkan sabun batangan untuk menghilangkan bau sepatu. Masukan satu batang sabun kedalam sepatu kamu dan biarkan semalaman.
8. Cuci Kaki Dengan Serius

cara menghilangkan bau sepatu
Sepatumu bau karena akumulasi dari keringat yang terus bertambah setiap harinya seiring penggunaan sepatu. Kaki perlu mengeluarkan keringat dan kamu tidak bisa mencegah hal ini.
Hal terbaik untuk meminimalisir bau yang dihasilkan adalah dengan rutin mencuci kaki dengan sabun anti bakteri. Setiap mandi pagi dan malam, gosok kedua kakimu dengan sabun secara serius. Gosoklah layaknya menggosok gigi.