TKB90: 88.37%

Cara Mengaktifkan 3D Secure Pada Kartu Debit Untuk Transaksi Online

July 7th, 2019

Pembelian secara online saat ini semakin diminati oleh banyak orang. Transaksi online tidak membutuhkan keberadaan kartu secara fisik untuk melakukan transaksi. Pada proses transaksi online, pengecekan keaslian data kartu dengan chip dan verifikasi PIN tidak dapat dilakukan. Maka dari itu, ada keamaan lain yang ditambahkan pada kartu.

Beberapa Kartu Debit yang dikeluarkan oleh Bank di Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi 3D Secure. Fungsinya menginformasi identitas pemegang kartu debit ketika Kartu Debit tersebut digunakan untuk belanja online. Fitur ini akan mengirimkan OTP (One-Time Password) ke nomor handphone yang sudah didaftarkan di Bank terkait, sebagai validasi transaksi untuk memastikan bahwa transaksi dengan Kartu Debit tersebut benar dilakukan oleh nasabah pemilik kartu.

Walaupun begitu, tidak semua transaksi online bisa dilakukan dengan sistem keamanan 3D Secure. Lain hal dengan EMPATKALI, semua transaksi yang kamu lakukan dengan EMPATKALI sudah didukung sistem keamanan 3D Secure ini. Jadi sebelum kamu menggunakan EMPATKALI, pastikan 3D Secure pada Kartu Debit kamu telah teraktifasi.

Berikut daftar Kartu ATM/ Debit yang harus diaktifkan layanan pembelian online sesuai ketentuan bank penerbit:

Kartu ATM/ Debit dari Bank penerbit berikut, layanan belanja online sudah otomatis teraktivasi (pastikan kartu ATM sudah diaktifkan):

  1. Bank MEGA
  2. CITI Bank
  3. Permata Bank
  4. Digibank
  5. Jenius

Berikut daftar Kartu ATM/ Debit yang tidak bisa digunakan untuk pembelian online sesuai ketentuan bank penerbit:

  1. BCA
  2. Bank Bukopin
  3. Danamon Bank
  4. HSBC
  5. UOB
  6. Standard Chartered