TKB90: 88.37%

Pembayaran Online Menggunakan Kartu 3D Secure

Pay It In 4,
June 24th, 2019

Keamanan transaksi online merupakan prioritas bank, pemegang kartu, dan juga penjual online. Mengingat tingkat fraud yang semakin tinggi dan hacker yang mampu mencuri data dan menyalahgunakan kartu Anda, disertai dengan jaminan keamanan transaksi online yang semakin canggih. Sebagian besar bank menerapkan teknologi 3D secure untuk mengatasi masalah keamanan ini, demi meningkatkan rasa aman bagi pengguna dalam bertransaksi online.
Namun tidak semua orang mengetahui tentang 3D secure itu sendiri. 3D secure adalah teknologi yang dikembangkan oleh Visa dan MasterCard untuk melindungi transaksi online. Layanan ini dikenal dengan istilah Verified by Visa dan Master Card Secure Code untuk memastikan setiap transaksi online yang terjadi benar-benar dilakukan atau diketahui oleh pemilik kartu. Meskipun teknologi ini tidak menjamin 100%, namun teknologi ini mampu mengurangi terjadinya kejahatan terhadap penyalahagunaan kartu Anda.
Kartu 3D secure sendiri mempunya kriteria tertentu pada kartunya untuk dapat dikatakan sebagai kartu 3D secure. Berapa ciri-ciri kartu denang fasilitas 3D secure adalah:

  1. Memiliki chip pada kartu
  2. Berlogo VISA, MasterCard, atau JCB
  3. Terdapat bulan dan tahun kadaluwarsa
  4. Memiliki kode CVV di belakang kartu.

Contoh Kartu 3D Secure
Sistem keamanan yang dijalankan 3D secure ini cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor HP Anda kepada bank penerbit kartu Anda. Setelah memastikan fasilitas 3D secure aktif pada kartu Anda, kartu dapat Anda gunakan untuk bertransaksi online. Setiap transaksi online yang Anda lakukan, secara otomatis Bank akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms, dan Anda perlu memasukkan kode tersebut di step terakhir pembayaran online Anda.
Kini Anda harus lebih jeli dalam memilih layanan kartu dan fasilitas pembayaran online. Jangan sampai Anda menjadi korban cyber crime yang mampu merugikan Anda secara finasial. Untuk mengetahui apakah Bank Anda menggunakan 3D secure sebaiknya langsung tanyakan pada pohak Bank Anda atau kunjungi website mereka.
 
EMPATKALI merupakan salah satu P2P Lending yang menggunakan kartu 3D secure pada pembayaran cicilan pertamanya. 3D secure melindungi transaksi online kamu dan juga menghindari terjadinya penyalahgunaan kartu. Jadi, berbelanja menggunakan EMPATKALI pasti dijamin kenyamanan dan keamanannya.