TKB90: 98.73%

6 Alasan Mengapa Kartu Jauh Lebih Aman Daripada Uang Tunai

May 26th, 2019

Era digital banyak memberi perubahan pada pola hidup bermasyarakat. Salah satunya dalam hal belanja. Perkembangan teknologi membuat masyarakat jauh lebih mudah berbelanja kapan pun mereka mau, bahkan saat mereka tidak membawa uang tunai.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika penggunaan uang tunai tidak sepenuhnya berhenti. Beberapa ada juga yang jauh merasa nyaman hanya menggunakan uang tunai tanpa kartu dan uang digital. Namun apa salahnya jika kini Anda mulai memikirkan tentang pergerakan financial yang lebih aman dan nyaman. Yakni dengan menggunakan kartu atau bisa juga disebut sebagai cashless.

Dan berikut ini 6 alasan mengapa Anda seharusnya beralih menggunakan kartu yang lebih aman ketimbang membawa uang tunai.

1. Transaksi yang Mudah Dilacak


Tidak ada kata lupa untuk uang digital. Anda bisa dengan mudah mengecek transaksi baik dari yang terbaru maupun yang telah lama. Hal ini memungkinkan pengguna lebih mudah memantau pengeluaran yang dilakukan setiap waktu. Fitur ini juga sangat berguna jika tiba-tiba terjadi transaksi yang tidak sah. Dengan mudah Anda bisa membatalkannya.

2. Anti Ribet

Apa jadinya jika dalam sebuah antrian yang panjang dan Anda sedang berdiri di depan kasir namun belum juga menemukan dompet dan mengambi beberapa lembar uang? Mungkin antrian panjang di belakang mulai berwajah masam melihat Anda. Ritual mengambil dompet, mengeluarkan uang, dan menghitungnya tidak hanya rumit namun juga memakan waktu. Jika salah menarik uang dan jatuh, bisa jadi uang tersebut diambil oleh orang lain.



3. Kartu Dapat Diganti, Uang Tidak

Ketika kehilangan uang, Anda tidak mungkin menuntut bank untuk mengembalikan uang yang telah hilang. Berbeda dengan kartu. Saat kehilangan kartu, Anda bisa menggantinya kembali tanpa takut uang di dalamnya hilang. Proses pemulihan kartu juga terhitung cepat.


4. Keamanan Berlapis

Membawa uang tunai memang mengamankan data pribadi dari kasus penyelewengan. Namun saat ini kecanggilah teknologi juga bisa menggembok data pribadi Anda yang ada pada kartu. Kartu dengan chip EMV berbentuk otentik memberi jaminan data lebih aman dan terjaga dari tidakan di luar tanggung jawab. Chip unik tersebut hampir mustahil dapat ditiru oleh kelompok peretas sebab kode transaksi hanya dapat digunakan dalam satu kali transaksi saja. Itu lah yang mencegah terjadinya tindak pencurian.



5. Penawaran Diskon dan Asuransi yang Fantastik.

Keuntungan ini jelas tidak bisa didapatkan dari uang tunai. Untuk mereka yang hobi traveling, biasanya akan ada banyak tunjangan asuransi penjalanan yang mencangkup asuransi kecelakaan, kehilangan bagasi, dan penundaan perjalanan. Selain itu, beberapa tenant saat ini juga berani memberikan diskon gila-gilaan untuk mereka yang menggunakan uang digital.


6. Bank Memiliki Langkah Untuk Melindungi Uang Anda Ketika Kartu Hilang

Kecelakaan sepenuhnya memang tidak dapat dihindari, itu sebabnya bank bekerja maksimal untuk mengamankan semua uang Anda ketika terjadi hal-hal yang buruk. Saat kartu hilang atau dicuri, segera laporkan pada bank sehingga mereka dapat mengambil langkah yang sesuai untuk mengamankan uang Anda.