TKB90: 98.73%

Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Sebagai Pendongkrak Bisnis Online

May 19th, 2019
Menjalankan bisnis online tidak bisa dianggap mudah. Sebagai pengelola, Anda wajib memiliki banyak strategi untuk meningkatkan penghasilan dan minat pembeli.
Terlebih bagi merek-merek baru. Branding produk pasti jadi PR utama saat membuka usaha secara online.
Akan tetapi di zaman sekarang, milyaran orang bahkan lebih memiliki tidak hanya satu media sosial. Lewat sosial media itulah mereka mulai memanfaatkanya untuk melihat-lihat produk hingga menentukan pilihan.
Untuk itu sangat penting menjadikan sosial media sebagai jembatan untuk memasarkan produk Anda secara online dengan waktu yang begitu cepat.
Lantas seperti apa saja cara yang harus dilakukan untuk memanfaatkan kekuatan media sosial guna membesarkan online shop Anda? Simak beberapa cara mudah di bawah ini.
Gunakan Analisis Data Sosial untuk Menargetkan Pemasaran
Hootsuite
Saat Anda menggunakan sosial media untuk membangun bisnis e-commerce, sumber daya terbaik Anda adalah program analisis data sosial.
Lewat program tersebut Anda dapat mengumpulkan data menganalisis data dari situs sosial media yang Anda kelola.
Dengan begitu Anda akan dengan mudah mendapatkan data siapa saja yang membuka sosial media Anda dan kapan saja waktunya. Melihat potensi data tersebut, Anda akan semakin tau kapan dan  bagaimana Anda memasarkan  produk lebih efektif.
Anda pun mudah mengatur strategi pemasara sesuai hasil yang ingin Anda capai.
Beberapa program yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan data analisis sosial di antaranya, BuzzSumo, Buffer, Hootsuite, dan Klout.
Aplikasi di atas dapat melihat engagement postingan yang Anda lempar ke sosial media. Mana postingan yang paling disukai, sering dibagikan, dikomentari, dan mana yang paling sering diklik semuanya terangkum di sana.
Setelah memiliki data tersebut. Anda tinggal menentukan konten mana yang harus dan tidak harus di share melihat minat pengikut media sosial Anda.
Cara ini juga membantu memastikan bahwa Anda menjangkau target pelanggan yang tepat hingga dapat mengidentifikasi potensi demografi yang ingin difokuskan.
Membalas Komentar Pelanggan Secara Langsung
Platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn memberikan ruang yang nyaman bagi pelanggan untuk bertanya dan berkomentar.
Dan di sana pula Anda bisa mengonbrol secara tidak langsung dengan pelanggan Anda. Jangan sungkan untuk sesekali membalas komentar pelanggan.
Saat mengobrol melalui chat Anda bisa meraih kepercayaan pelangga dan tak mustahil mereka pun bakal menjadi client potensial Anda.
Membalas pertanyaan pelanggan, memberi mereka informasi yang dibutuhkan, dan menanggapi keluh kesahnya akan membuat pelanggan lebih percaya.
Lambat laun mereka pun akan semakin loyal kepada toko online Anda. Mereka pun tidak akan sungkan merekomendasikan produk yang Anda jual ke komunitas mereka.
Kenalkan Produk Anda
Mempromosikan merek lewat media sosial rasanya saat ini jadi jalan paling cepet menuju ke hati pelanggan.
Anda bisa memulainya dengan membagikan gambar produk pada postingan disertai dengan penjelasannya.
Kenalkan pada konsumen seperti apa produk Anda, apa visi, tujuan, dan perbedaanya dengan produk lainnya.
Selain itu, Anda pun juga dapat memperlihatkan kepada mereka bagaimana produk Anda dikemas dengan penuh ketelitian hingga sampai keluar kota ke tangan pembeli.
Tunjukan budaya Anda menampilkan produk, gaya hidup toko online yang sehat dan jujur, serta teliti.
Cara ini memungkinkan e-commerce Anda akan lebih menonjol dibandingkan dengan ribuan toko online lainnya yang lebih besar.
Menceritakan detail produk amatlah penting bagi perkembangan bisnis, tak terkecuali untuk toko online Anda.
Untuk itu jangan lelah memanfaatkan kekuatan media sosial guna membranding produk Anda.
Melalui postingan Anda, Anda dapat membantu orang mempercayai bisnis Anda dan produk apa yang ada di sana.
Siapa tau postingan Anda menjadi ispirasi bagi para konsumen Anda.