TKB90: 98.73%

Bisnis Online Mulai Sepi? Coba Tingkatkan Penjualan dengan Cara Ini

May 9th, 2019

Pasang surut dalam dunia bisnis memang wajar. Yang diperlukan hanya terus berinovasi dan tak pantang menyerah.
Mengerikannya lagi, beberapa perusahaan ritel ternama terlihat lesu hingga ada yang gulung tikar sejak pertengahan 2018 lalu. Sebut saja salah satunya Matahari dan Lotus.
Untungnya ancaman tersebut tidak banyak dirasakan oleh bisnis online. Meski terkadang sepi, beberapa bisnis online masih bisa bangkit dan mendapatkan konsumen mereka.
Asal, pelaku bisnis online rajin melakukan update terhadap usaha mereka.
Sialnya, masih ada e-commerce yang memilih pasif dan malas berinovasi meski diterjang krisis pembeli. Jika dibiarkan, lambat laun bisnis itu pun akan tumbang tergilas e-commerce baru.
Untuk mengatasi krisis tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan demi meningkatkan minat pembeli.
 
1. Cermati dan Perbaiki

Mengembangkan bisnis online tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Perlu waktu untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen hingga akhirnya usaha Anda bisa dikenal.
Untuk itu Anda perlu cermat dalam melihat produk yang dipasarkan. Bagaimana kualitasnya, siapa targetnya, mudahkah e-commerce Anda diakses konsumen, dan lain sebagainya.
Semakin Anda cermat mengenali bisnis, maka semakin mudah juga bagi Anda untuk melakukan pengembangan.
 
 
2. Jangan Lelah Update Produk

Konsumen selalu menginginkan sesuatu yang baru untuk mereka beli. Dengan menyediakan barang atau produk yang baru berarti Anda telah membuat konsumen merasa spesial.
Dengan begitu konsumen tidak akan mudah bosan membuka situs e-commerce Anda karena selalu memberikan produk-produk yang baru.
Jangan malu untuk mengikuti perkembangan pasar. Misalnya jika bisnis Anda begerak dalam duia fashion. Berilah pilihan warna-warna terbaru untuk mereka. Ikutilah kemana larinya tren saat ini.
Sementara jika menjual produk elektronik, mungkin Anda bisa selalu memperbarui produk sesuai seri-seri teranyar.
Pilihan yang lebih bervariasi akan membuat konsumen lebih semangat membuka situs Anda.
 
 
3. Tampilan yang Menarik

Bisnis online hanya bisa mengandalkan kecermatan mata konsumen. Saat konsumen melihat warna-warna yang menarik dengan tatanan indah, mereka pun tak sungkan untuk membeli produk Anda.
Sadari juga jika konsumen Anda akan lebih banyak membuka situs online dari ponsel ketimbang melalui desktop. Dengan demikian Anda perlu mempertimbangkan tampilan mobilenya.
Jangan sampai mereka justru merasa tidak nyaman saat membuka situs Anda via mobile.
Jangan melulu menampilkan gambar, sisipkan video jika perlu. Karena video lebih ampuh mendatangkan pembeli.
 
 
4. Lakukan Optimasi Website

Mengoptiasi web bisa Anda lakukan dengan cara memperbanyak posting. Salah satunya bisa berupa artikel.
Berikan tips dan trik yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual. Ada baiknya postingan di awal lebih ke arah yang informatif jangan melulu mempromokan produk Anda.
Semakin banyak artikel yang Anda buat akan semakin menguntungkan bagi bisnis Anda. Karena pengunjung artikel tanpa sengaja akan terdirect produk.
Selain itu cara ini juga dapat meningkatkan trafik website Anda.
 
 
5. Beriklan Secara Online

Susah mengenalkan e-commerce jika Anda tidak rajin beriklan, meski hanya secara online. Dengan rajin beriklan, maka perluasan market bisnis pun akan meningkat.
Memang cara ini memakan budget, namun investasi semacam ini tidak akan merugikan bisnis yang Anda kelola. Iklan online berpotensi mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas letingbang offline.
Bagaimana tidak, dari Sabang sampai Meraoke saat ini bisa mengakses internet. Maka tak hayal jika bisnis Anda bisa mendapat jangkauan seluas itu pula.
 
Anda bisa menggunakan berbagai iklan online yang ada di social media (Facebook, Instagram, dsb), Google, dan lain sebagainya.