TKB90: 98.73%

Kenali Perbedaan Cicilan Kartu Kredit dan Tanpa Kartu

May 7th, 2019

Perkembangan teknologi saat ini telah mengantarkan ke era digital. Yang mana semua kebutuhan bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan membuka internet saja.
Menariknya, pembayaran pun telah bergeser ke arah online. Dompet digital, cicilan online, dan lain sebagainya hingga patut jika dijuluki “Belanja Tanpa Uang”.
Siapa yang diuntungkan? Jelas para konsumen.
Mereka tak perlu lagi repot-repot keluar rumah hanya untuk membayar tagihan listrik, belanja kebutuhan rumah, dan lain sebagainya.
Jika diingat-ingat kembali, beberapa dekade lalu kita masih dimudahkan dengan opsi pembayaran cicilan dengan kartu kredit. Namun kini tren pembayaran telah bergeser.
Kartu kredit bahkan dinilai kurang efisien bagi sebagain millenial. Untungnya ada opsi pembayaran baru yakni cicilan tanpa kartu kredit.
Secara garis besar fungsinya kurang lebih sama dengan kartu kredit pada umumnya, hanya saja penampilan fisiknya yang berbeda. Seperti halnya EMPATKALI.
Opsi pembayaran ini tak memiliki kartu, yang Anda perlukan hanyalah menginstal aplikasinya di smartphone. Kemudian Anda bisa membeli barang sekarang dan bayar nanti dicicil 4 kali.
Agar lebih mengenalnya, mari kita simak perbedaan kartu kredit digital dan kartu kredit biasa.
 
Model Pembayaran

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Dua opsi pembayaran ini sebenarnya sama-sama merupakan alat pembayaran non tunai aliasĀ cashless.
Meski sama, kedua alat pembayaran ini tetap memiliki perbedaan. Kartu kredit jelas memiliki wujud fisik berupa kartu seperti halnya kartu ATM dengan logo Visa atau Mastercard.
Sedangkan cicilan tanpa kartu kredit atau kartu kredit digital sama sekali tidak menggunakan kartu. Pengguna hanya perlu menginstal aplikasi dan mendaftar via smartphone saja.
Cara bayarnya pun beda, kartu kredit harus digesek lalu dimasukkan nomor pinnya. Cicilan tanpa kartu kredit hanya perlu melakukan transaksi secara online.
Pemilik kartu kredit digital bisa berbelanja secara online di ecommerce kemudian setelah proses checkout Anda tinggal pilih opsi pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit.
Perlu diingat ya, sebelum memilih metode pembayaran cicil tanpa kratu kredit Anda wajib punya akun di platform tersebut (EMPATKALI).
 
Pilihan Bunga

Metode pembayaran seperti ini sering kali mematok bunga yang berbeda-beda tergantung kartu kredit atau platform yang Anda pilih.
Pada tahun 2017 lalu suku bunga yang berlaku di kartu kredit berkisar di angka 2,25%. Nilai tersebut turun dari tahun sebelumnya yang mematok bunga 2,95%.
Akan tetapi tidak menututup kemungkinan ada beberapa kartu kredit yang menawarkan bunga 0%. Pintar-pintar saja memilih jenis kartu dan jangan sampai telat bayar ya.
Lantas bagaimana dengan cicilan tanpa kartu kredit? Sama.
Kartu kredit digital juga menerapkan angka bunga yang berbeda. Angkanya bisa jadi lebih besar dari bunga kartu kredit biasa, sekitar 2,95% sampai 5%.
Tapi, EMPATKALI berani ambil langkah berbeda. Memilih EMPATKALI berarti Anda menggunakan metode cicilan tanpa kartu kredit dengan bunga 0% dan bisa dicicil sebanyak 4 kali.
Tentu dengan syarat Anda membayar seluruh cicilan tepat waktu.
 
Limit Kredit

Kedua metode pembayaran ini sama-sama memiliki limit kredit dengan jumlah yang berbeda-beda. Biasanya tergantung gaji dan juga jenis kartu yang Anda pilih.
Limit kartu kredit silver jelas berbeda dengan gold serta jenis platinum. Besaran limit kredit yang bisa Anda pilih sangat bergantung dengan jumlah penghasilan selama satu bulan.
Dan limit ini berlaku baik untuk kartu kredit mau pun cicilan tanpa kartu kredit. Bahkan untuk cicilan tanpa kartu kredit limit kredit biasanya juga dibagi-bagi berdasarkan angsuran yang diambil.
 
Biaya Lainnya

Seperti yang kita ketahui, hampir semua kartu kredit menerapkan iuran tahunan alias annual fee. Jumlahnya pun berbeda-beda bahkan ada juga yang tidak memberlakukan fee ini.
Selain itu, kartu kredit juga sering menagih biaya-biaya lainnya yang bisa dibilang iuran rutin. Apalagi jika ada keterlembatan bayar, over limit, pengganti kartu, ganti pin dan lain sebagainya.
Tidak dengan cicilan tanpa kartu kredit. Metode pembayaran yang terbilang baru ini sama sekali tidak membebani pengguna dengan annual fee. Biaya pendaftarannya pun gratis dan tidak repot.
Hanya saja ada beberapa platform yang memberikan biaya administrasi jika transaksi dalam jumlah tertentu.
Untuk EMPATKALI, Anda bisa menikmati kemudahan memiliki barang kesukaan tanpa dikenai biaya administrasi dan annual fee. Dapatkan barangmu sekarang dan bayar nanti tanpa bungan dengan EMPATKALI.
Sudah siap beralih ke kartu kredit digital? Tunggu apalagi, ayo mulai sekarang!