TKB90: 98.73%

Langkah Sederhana Tingkatkan Penjualan Online, Sudahkah Bisnis Anda Melakukannya?

April 30th, 2019

Pelanggan, sejatinya tidak jauh berbeda dengan Anda, mereka ingin terlibat langsung dan mendapatkan rasa percaya dengan apa yang akan mereka beli. Saat bisnis Anda bisa menjamin kepercayaan konsumen, mereka pun dengan mudah memberikan nilai dan uangnya.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan kepada bisnis online global tahun 2017 lalu, menyebutkan jika penjualan online mencapai 2,3 triliun dollar AS atau setara Rp 32 ribu triliun. Angka tersebut bahkan diprediksi akan terus tumbuh dalam beberapa tahun ke depan.
Terbukti, saat ini hampir setiap waktu masyarakat menghabiskan waktunya untuk membuka internet. Menjelajahi berbagai jejaring online dengan tujuan mencari produk yang mereka inginkan. Situs-situs belanja online itulah yang kemudian menentukan banyak faktor mengapa pelanggan memutuskan untuk membeli barang yang mereka inginkan di sana.
Nah, agar situs bisnis Anda mendapatkan kepercayaan konsumen, cobalah lakukan 5 langkah sederhana ini. Penjualan meningkat, Anda pun tak akan merugi.
 
1. Membangun Kepercayaan

Situs penjualan online, bukanlah lapak yang benar-benar dapat mempertemukan secara langsung penjual dengan konsumennya seperti toko offline. Untuk itu membuat pelanggan percaya dengan situs Anda adalah hal yang paling utama. Anda dapat membuat pelanggan percaya dengan menyisipkan endorsement oleh public figure, memberikan testimonial, dan menampilkan review dari para pelanggan Anda yang sebenarnya.
Testimonial pelanggan biasanya menjadi rujukan pertama bagi konsumen baru yang hendak belanja di situs online. Testimoni yang baik dapat mempersuasi konsumen dan menambah kepercayaan mereka tentang produk yang Anda jual. Yang paling penting, jagalah keamanan konsumen dengan selalu menampilkan penyedia pembayaran yang resmi dan jaga identitas serta alamat konsumen Anda.
 
2. Sisipkan Konten Visual

Coba tambahkan konten-konten visual yang sesuai dengan bisnis Anda agar menarik untuk dilihat. Anda juga harus bisa pandai-pandai memanfaatkan momentum, misalnya pada hari besar, event nasional, dan lain sebagainya. Hari-hari besar biasana identik dengan promo baru dan konten visual yang baru pula.
Tentunya Anda pun perlu mempertimbangkan tampilannya. Tak memulu hanya enak dilihat di desktop, sebab saat ini transaksi online banyak dilakukan dari smartphone. Untuk itu tampilannya pun wajib diperhatikan. Pastikan tampilan situs online enak dilihat dengan semua jenis gadget. Baik video maupun gambar yang Anda masukkan bisa membuat pelanggan nyaman.
Selanjutnya, dengan menampilkan konten-konten yang tepat Anda pun dengan mudah meningkatkan penjualan secara online. Konten video memiliki daya tarik lebih besar hingga 27% dan menarik minat kunjungan ke situs Anda sekitar 35% lebih besar daripada hanya sekedar gambar.
 
3. Beri Tawaran Gratis Kirim

Selain harga yang cenderung lebih murah dari lainnya, satu hal yang juga diinginkan konsumen adalah biaya gratis antar. Tawaran tersebut terbukti mendorong keputusan konsumen untuk benar-benar membeli barang yang Anda miliki. Secara tidak langsung mereka menaruh rasa percaya untuk melakukan pembelian secara online. Bahkan tak jarang, demi mendapatkan free ongkir pelanggan rela berbelanja lebih dari yang mereka butuhkan diawal.
 
4. Tingkatkan Kecepatan Situs Anda

Kecepatan dalam membuka situs Anda baik dari desktop maupun ponsel sangatlah penting. Semakin cepat terbuka, maka semakin konsumen merasa puas. Sebaliknya jika terlalu lama loading bisa jadi situs Anda perlahan akan ditinggalkan konsumen. Pastikan juga data serta UI UX yang ada pada situs online Anda bekerja secara profesional, ramah pengguna, mudah diakses, dan jangan sampai terjadi kerusakan alias error. Lebih baik lagi jika ada kontak yang bisa dihubungi jika pelanggan mengalami gangguan belanja.
Semakin cepat situs Anda dapat dijangkau pelanggan, semakin nyaman pula pelanggan berselancar di sana. Anda juga perlu memastikan cara akses hingga proses check outnya mudah dengan tidak banyak mengarahkan konsumen untuk klik sana klik sini.
 
5. Tambahkan Opsi Pembayaran Cicilan

Pembayaran cicilan tanpa kartu kredit seperti halnya EMPATKALI bukanlah sesuatu yang baru. Namun kemunculannya cukup menguntungkan bagi konsumen.
Memberi pilihan pembayaran dengan cara dicicil membuat konsumen dengan mudah membagi anggaran mereka. Pelanggan bisa menentukan nilai angsuran bulanan sesuai kesanggupannya.  Kemudahan tersebut dinilai dapat meningkatkan rasio pembelian hingga 80% dan mengurangi tingkat pengabaikan keranjang belanja yang telah dipilih.
EMPATKALI memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran dengan cara diangsur sebanyak 4 kali tanpa bunga dan kratu kredit. Konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan saat ini dan bayar nanti. Selain itu EMPATKALI juga telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi dapat dijamin keamanannya.  Cepat aksesnya, mudah cicilanya.