TKB90: 98.73%

Tren Belanja Ala Milenial: Bisa Dicicil Tanpa Kartu Kredit, Kenapa Ngga?

April 22nd, 2019

Generasi milenial saat ini bisa dibilang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Terutama untuk urusan belanja.

Milenial yang menggunakan kartu kredit pun tak sebanyak dulu. Bahkan sebuah survey yang dilakukan oleh Bankrate pada tahun 2018 lalu menyebutkan jika orang dewasa berusia 18 hingga 29 tahun yang memiliki kartu kredit saat ini hanya ada ada sekitar 33% saja. Hal tersebut terjadi lantaran beberapa faktor, salah satunya akibat dari krisis keuangan dan tentunya kemudahan online shopping saat ini. Faktor krisis keuangan disebut jadi dalang yang melatarbelakangi milenial untuk lebih berhati-hati terhadap suku bunga yang sifatnya relatif tinggi dan itu banyak diberlakukan oleh kartu kredit.

Mengatasi permasalahan tersebut, berbagai solusi keuangan pun akhirnya mulai bermunculan. Seperti yang telah dilakukan oleh beberapa perusahaan saat ini. Perusahaan tersebut beralih menawarkan pilihan pembayaran secara online yang dapat dicicil dengan angsuran yang sama hingga 4 kali dan tanpa bunga. Sebut saja salah satunya EMPATKALI.

Perusahaan Fintech seperti halnya EMPATKALI menawarkan rencana pembayaran berangsur guna memudahkan generasi milenial dan pelanggan lainnya mendapatkan barang yang mereka suka saat ini dan bayar nanti dengan cara diangsur. Langkah itu pun kini dipilih bagi mereka yang ingin lebih fleksibel dalam melakukan pembelian terutama untuk jumlah yang lebih besar. Dengan catatan membayar seiring waktu yang telah disepakati.

Apakah cara tersebut berhasil?

Sangat berhasil. Milenial dan generasi lainnya pun mulai melirik tren belanja ini. Solusi pembayaran cicilan tanpa bunga sengaja dirancang untuk menghindari sebagian besar peraturan yang terkait dengan kredit negara. Meski begitu produk yang dijual pun harus mematuhi undang-undang pemberian pinjaman (anti-diskriminasi) dan undang-undang perlindungan konsumen. Seperti tindakan penipuan, tidak adil, serta kekerasan.

Lantas apa alasannya produk atau perusahaan dapat menawarkan pembelian barang dengan cara diangsur?

Perusahaan tersebut menawarkan bunga nol persen dengan membagi pembayaran menjadi 4 kali atau lebih sedikit karena adanya Truth in Lending Act (TILA) atau Undang-Undang Pembelian Pinjaman dan peraturan pelaksana. Yang mana isinya mencangkup, produk kredit yang diberikan konsumen berupa keperluan pribadi, keluarga, dan perlengkapan rumah tangga hanya bisa terjadi jika kredit tersebut mendapat perjanjian keuangan secara tertulis dengan membubuhkan kesanggupan mengangsur sekian kali. Perlu diingat juga, jasa pembayaran baru seperti ini biasanya juga mengenakan denda atau peringatan apabila sang konsumen melakukan keterlambatan pembayaran.

Lantas mengapa layanan pembayaran kredit ini banyak dipilih oleh milenial?

Tentu saja yang pertama karena simpel. Milenial tak perlu lagi repot-repot urus sana-sini syarat pembuatan kartu kredit.

Dengan menggunakan layanan pembayaran angsuran secara online, mereka bisa mengakses semuanya hanya dengan aplikasi yang ada di smartphone. Cara daftarnya pun tergolong mudah, seperti halnya dompet digital. Tentu milenial familiar dengan cara tersebut. Jenis pembayaran seperti ini juga memudahkan milenial memiliki barang yang mereka suka saat ini dan membayarnya nanti secara dicicil tanpa bunga.

Mengingat saat ini generani milenial dengan rentan usia 18 hingga 55 tahun berbelanja online setidaknya satu bulan sekali. Dan satu produk yang paling sering dibeli adalah busana dan perlengkapan olahraga. Hal ini juga dipertegas oleh pernyataan Managing Director IPSOS Indonesia Soeprapto Tan yang menyebutkan jika milenial saat ini justru lebih tertarik dengan digital marketing. Guna mengatur pengeluaran mereka, tidak heran jika akhirnya metode penbayaran secara berkala ini menjadi jalan keluarnya.

Siap untuk mendapatkan barang yang kamu suka sekarang dan bayar nanti? Mulailah dengan EMPATKALI, perusahan Fintech P2P di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. EMPATKALI menawarkan kemudahan berbelanja bagi Anda. Solusi cerdas alternatif pembayaran dengan sistem cicilian tanpa bunga.