TKB90: 98.73%

Saatnya Kembangkan Bisnis Secara Online

March 23rd, 2019

Terdapat perubahan seismik dalam bagaimana Anda sebagai bisnis seharusnya menciptakan, berpikir, dan berkembang di abad ke-21. Hal ini terjadi di sekitar dunia virtual yang tidak bisa disentuh, tetapi nyata seperti objek fisik. Ini merupakan perubahan besar yang kebanyakan diabaikan oleh pemilik bisnis karena mereka tidak memahaminya atau bahkan takut pada perubahan.

Berdasarkan data Google and Temasek’s e-Conomy SEA 2019, market ekonomi digital Indonesia saat ini diperkirakan sebesar 27 miliar USD, hampir 40% dari total ekonomi digital Asia Tenggara, dan akan mencapai 100 miliar USD pada tahun 2025 (lebih dari 41%).

Pada tahun 2018, menjadi online tidak hanya tentang browsing, tetapi hanya mengkonsumsi. Hal ini menjadi sangat sangat biasa bagi konsumen Indonesia untuk membayar barang dan jasa digital. Perkiraan bisnis menunjukkan bahwa e-commerce sekarang menggila, yang berarti saat ini adalah waktu yang tepat untuk memastikan semua elemen untuk sukses di dunia online Anda miliki.

Mari kita review hal-hal krusial yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan tren ini:

Berinteraksi dengan pelanggan Anda secara personal

Anda perlu jalan-jalan ke luar kantor, lepaskan zona nyaman, dan berbicara dengan pelanggan Anda. Menjangkau pelanggan online Anda secara personal, dan jangan takut mendapat feedback yang kejam tapi jujur. Selalu ingat perusahaan yang menggunakan pelayanan pelanggan dengan baik mencari tidak sekedar penjualan dan transaksi semata. Jangan menjadi perusahaan yang sekadar mengejar penjualan dengan pelanggan kemudian melupakan mereka setelah berhasil merogoh kocek.

Targetkan pengguna online secara cermat

E-commerce sangat tergantung pada reputasi dan akses online yang dimiliki. Agar diakui seperti itu, bisnis Anda harus tersedia untuk mereka yang mungkin akan melihat bisnis Anda. Mengidentifikasi karakteristik demografi dari pelanggan yang akan mendapat manfaat dari produk dan servis yang relevan, dan strategi pemasaran dasar pada detail ini.

Konten yang Anda buat

Konten sekarang menjadi aset multimedia yang membutuhkan investasi terus-menerus. Termasuk di dalamnya artikel, infographics, podcasts, foto, video, dan lainnya. Tantangannya adalah menciptakan konten terbaik yang dapat dibagikan dan membuat usaha Anda diketahui secara online. Hal ini merupakan rangkaian konstan marketing yang membutuhkan asupan yang konsistens dan persisten.

Mengintegrasikan Sales Channel

Memungkinkan pelanggan untuk mencoba merek yang sama di semua channel interaksi dan metode belanja. Promosi, produk, layanan, informasi perusahaan, dan kebijakan harus tersedia baik secara online maupun offline.

Membangun kerjasama yang menguntungkan

Bekerjasama dengan pihak lain yang memiliki visi atau kesamaan dengan usaha kita akan sangat membantu pengembangan usaha, misalnya dengan penambahan fitur atau co-marketing. Kerjasama seperti ini memungkinkan partner untuk meningkatkan visibilitas mereka di pasar, mengalahkan merek lain, berbagi biaya marketing dengan partner, dan kemungkinan masuk pada market yang belum dimanfaatkan sebelumnya.

Saat ini PT. Empat Kali Indonesia telah hadir sebagai bisnis Fin Technology Peer to Peer. Kami membantu berbagai merchant terkemuka untuk menjual lebih banyak dan lebih sering, melalui solusi pembayaran cicilan kami (EMPATKALI), tanpa bunga!