TKB90: 98.73%

5 Langkah Yang Harus Dimiliki Ritel Untuk Bersaing Di Dunia Online

February 22nd, 2019

Banyak ritel telah menggunakan digital sebagai satu-satunya cara untuk terus tumbuh. Banyak para ahli ritel mengatakan salah satu cara untuk bertahan adalah dengan menggunakan website untuk usaha Anda. Namun tidak hanya itu saja yang harus dilakukan, Anda juga perlu memanfaatkan toko online dan toko fisik.
Sudah banyak merek ritel yang memilih untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka melalui media online. Tapi masalah yang sering terjadi dengan penjualan online adalah: setelah pengenaan pajak, biaya pengiriman, retur, dan biaya akuisisi pelanggan, merek-merek online yang hanya menjual melalui media online mendapati margin yang didapat di bawah 10%.
Survey AlixPartners untuk CNBC baru-baru ini mencatat bahwa biaya customer acquisition untuk online ritel juga membuat biaya distribusi empat kali lebih tinggi daripada di toko. Hal ini berarti, biaya untuk mendapatkan klik bisa lebih mahal bagi ritel daripada mengunjungi toko secara langsung.
Biarpun begitu, Anda perlu memiliki strategi online yang menghubungkan toko fisik dengan toko online, sehingga Anda bisa selalu ada disaat pelanggan ingin memenuhi keinginannya membeli suatu produk.
Berikut adalah 5 langkah yang harus dimiliki untuk menghadapi market saat ini:
Memiliki filosofi usaha
Agar menjadi ritel yang kuat di era ini, Anda harus menciptakan pengalaman berbelanja. Hal ini bisa dimulai dengan melihat apa yang dapat Anda berikan kepada komunitas dan karyawan Anda. Mengapa hal ini penting? Karena Generasi Millenial saat ini tidak hanya menginginkan sekadar pekerjaan, mereka ingin bekerja untuk pekerjaan yang memberikan dampak lebih untuk sekitarnya daripada hanya menghasilkan uang untuk diri sendiri.
Menjadi lebih baik secara operasional
Banyak ritel mengatakan mereka mencintai pelanggan mereka atau membanggakan tentang layanan pelanggan yang mereka miliki. Sering terjadi semua itu hanya omong kosong belaka. Memiliki seorang customer experience director tidak ada artinya apabila penjual tidak secara konsisten memiliki proses pembelian yang sama. Perang melawan pemain e-commerce internasional besar hanya akan dimenangkan oleh ritel yang dapat mengeksekusi penjualan di toko dan juga di online dalam waktu bersamaan.
Gunakan situs online Anda untuk menarik pelanggan ke toko Anda
2018 adalah tahun di mana kita berhenti mengatakan toko ritel telah mati. Penjual ritel yang pintar melihat toko fisik mereka sebagai sebuah asset. Bahkan digital native brands senang berjalan-jalan di toko dan melihat barang fesyen terbaru di mall, dan Anda bisa menggunakan hal ini sebagai keuntungan Anda.
Sediakan berbagai jenis metode pembayaran
Tidak ada yang lebih menyebalkan bagi pelanggan ketika mereka mendapati “Maaf, kami tidak menerima kartu kredit” di halaman situs belanja Anda. Setiap metode pembayaran baru yang Anda tambahkan adalah alasan lain bagi pelanggan untuk berbelanja hari ini. Berdasarkan analisis di Australia dan New Zealand, merchant yang menawarkan pilihan cicilan sebagai metode pembayaran baru untuk pelanggan mereka, memperoleh peningkatan sebagai berikut:

  1. Peningkatan konversi sebesar 50%
  2. Peningkatan pada rata-rata penjualan hingga 60%
  3. Peningkatan repeat purchases sebesar 70%, dan
  4. Peningkatan pelanggan baru sebanyak 30%

Hanya ada satu metrik yang penting: Penjualan hari ini
Popup shops, kiosks, events, dan Instagram posts, dikatakan oleh para pakar ritel sebagai sarana terbaik untuk membangun brand awareness dan membuat orang-orang membicarakan usaha Anda. Kami menyebutnya sebagai vanity metrics­ — mereka terlihat bagus secara tertulis dan untuk memberitahu teman-teman Anda. Tapi kami di sini untuk memberitahu Anda bahwa, apapun objeknya hanya ada satu metrik yang akan selalu jadi hal yang terpenting — apakah Anda menjual barang lebih banyak?
PT. Empat Kali Indonesia adalah bisnis Fintech P2P. Kami membantu berbagai merchant terkemuka untuk menjual lebih banyak dan lebih sering, melalui solusi pembayaran cicilan kami (EMPATKALI), tanpa bunga!