TKB90: 98.73%

Tingkatkan Penjualan Dengan Ketentuan Pembayaran Yang Fleksibel

February 21st, 2019

Mudah rasanya merasa kasihan kepada pelanggan ketika mereka tidak dapat membayar. Mendengar permohonan mereka untuk fleksibilitas pembayaran membuat sulit untuk menerapkan persyaratan yang sulit atau pembayaran di muka. Namun, bisnis bukan hal personal, dan pekerjaan sales leader bergantung pada mencari cara bagaimana meningkatkan penjualan. Jika kita memberikan perlakuan khusus untuk setiap cerita tersebut, usaha kita akan menjadi usaha sosial. Memberikan rasa fleksibilitas dan memberikan persyaratan kepada pelanggan harus juga baik untuk keuntungan usaha Anda.
Berikut adalah empat cara untuk Anda dapat menggunakan ketentuan yang fleksibel untuk meningkatkan penjualan dan profitabilitas:
1. Kurangi Shopping Cart yang terbengkalai
Rata-rata, 68,5% shopping cart atau keranjang belanja ditinggalkan sebelum checkout. Para pelanggan tipe ini sudah menunjukkan ketertarikan pada produk Anda, tetapi sering gagal menyelesaikan transaksi karena harga.
Bagaimana Anda bisa membuat mereka untuk menyelesaikan pesanan mereka? Sebuah studi Forrester baru-baru ini menemukan bahwa perusahaan yang menawarkan persyaratan pembayaran yang fleksibel melihat penjualan meningkat sebesar 17% dan pesanan rata-rata naik sebesar 21%.
Meskipun transfer bank secara online sangat popular di Indonesia, transfer ini rumit dengan proses pembayaran yang panjang. Melihat dari perspektif pedagang, transfer bank online tidak ideal karena pelanggan dapat memilih menyelesaikan transfer pada saat yang pas bagi mereka. Hal ini membuat tingkat konversi yang rendah. Payment gateway, Midtrans, memperkirakan bahwa hanya 54% dari transfer bank online diselesaikan untuk pembayaran dari pembelian barang atau jasa secara online.
2. Meningkatkan prospek pelanggan untuk berbelanja
Salah satu tantangan terbesar dari menarik prospektif pelanggan adalah kualifikasi. Disaat 61% marketer memberikan semua prospek mereka langsung ke sales, hanya 27% prospek tersebut yang masuk ke dalam kualifikasi. Hal ini berarti sales menginvestasikan 34% waktu ekstra mereka pada prospek pelanggan yang tidak bisa dijadikan pelanggan seutuhnya. Dengan menyediakan ketentuan pembayaran yang fleksibel, Anda meningkatkan prospek pelanggan yang mampu menggunakan produk Anda. Meningkatkan jumlah yang akan menjadi pelanggan, tentunya akan meningkatkan penjualan Anda juga.
3. Membangun loyalitas dan meningkatkan retensi
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada biayanya sekitar enam hingga tujuh kali lebih sedikit daripada mendapatkan yang baru, sehingga Anda perlu memperlihatkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka. Menyediakan opsi cicilan untuk pelanggan Anda membuat mereka setia, bahkan saat mereka menemukan pilihan yang lebih murah. Menurut McKinsey, pengeluaran e-commerce untuk pelanggan yang kembali berbelanja rata-rata $52.50 atau sekitar Rp 730,000 untuk setiap $24.50 atau sekitar Rp 340,000 yang dibelanjakan oleh pelanggan baru.
4. Tetap unggul dari pesaing Anda
Untuk mengikuti laju pasar yang terus berubah, Anda harus tetap kompetitif. Sebagian besar perusahaan telah menyadari untuk tetap unggul dalam kompetisi usaha, mereka harus menawarkan fleksibilitas kepada pelanggan mereka. “Ketika Anda mulai mengubah perhitungan bisnis, Anda ingin memastikan layanan Anda sepenuhnya dapat diakses oleh potensial pelanggan sebanyak mungkin”, kata Brendon Pack, Vice President di 1-.
Memikirkan bisnis sendiri sangat penting, namun disaat yang bersamaan menawarkan ketentuan yang fleksibel akan membuat lebih tenang. Pada akhirnya, ketentuan akan membantu Anda meningkatkan dan menambah penjualan.
PT. Empat Kali Indonesia adalah bisnis Fintech P2P. Kami membantu brand brand terkemuka untuk menjual lebih banyak dan lebih sering melalui kami (EMPATKALI), solusi pembayaran secara berkala serta tanpa bunga!