TKB90: 98.73%

Tips Belanja Online Secara Aman

February 20th, 2019

Aktivitas berbelanja online memang selalu menyenangkan. Hanya dengan beberapa klik sudah langsung dapat memiliki barang yang kita inginkan tanpa harus datang langsung ke toko. Walaupun berbelanja sekarang sudah bisa dengan sangat mudah, kadang kita melupakan beberapa resiko yang mungkin terjadi. Oleh karena itu perlu untuk kita mengetahui tips berbelanja online yang aman. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut? Ayo kita bahas satu per satu!
1. Periksa kebijakan privasi dari situs kamu berbelanja
Membaca kebijakan privasi adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang dilakukan perusahaan dengan informasi pengguna dan bagaimana informasi itu dikirimkan. Sebagian besar dari kita memiliki kecenderungan untuk mengabaikan informasi ini, tetapi hal ini penting jika kamu ingin memastikan data pribadi kamu tidak dapat dijual kepada pihak ketiga mana pun dan dienkripsi serta aman.
2. Lindungi informasi kamu secara proaktif
Hal yang perlu diperhatikan dalam melindungi data pribadi kamu di jejaring sosial adalah dengan penggunaan kata sandi yang kuat. Idealnya, gunakan kombinasi angka, huruf, dan tanda baca acak dengan panjang lebih dari delapan karakter. Selain itu kamu dapat juga menggunakan alamat email terpisah untuk berbelanja, grup diskusi, dan buletin. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pengaturan privasi kamu untuk mengontrol jumlah dan jenis informasi yang ingin kamu bagikan.
3. Gunakan otentikasi dua faktor (ODF)
Jika sebuah toko online menawarkan otentikasi dua faktor, kami sarankan kamu untuk menggunakannya sebagai tempat kamu berbelanja online. Yap betul, hal seperti ini mungkin membuat kamu harus melakukan langkah ekstra, seperti mengetik kode yang dikirimkan ke ponsel kamu atau kode yang dihasilkan oleh aplikasi autentikator. Namun tahu kah kamu bahwa hal seperti ini membantu kamu untuk menambah lapisan keamanaan? Perlindungan seperti ini akan mempersulit siapa pun untuk mengakses akunmu, walaupun orang lain mengetahui kata sandi kamu.
4. Berbelanja hanya dari situs web yang aman (menggunakan https:// bukan http://)
Internet memiliki ribuan akronim yang berbeda, dan tidak mungkin bagi mereka yang tidak mengerti teknologi untuk melacak semuanya. Satu yang benar-benar perlu kamu ketahui jika ingin melakukan pembelian online adalah https://. “S” yang ditambahkan berarti bahwa cara informasi yang kamu kirim aman. URL dengan https:// menggunakan SSL atau Secure Sockets Layer yang mengenkripsi informasi yang terkirim melalui kabel, sehingga hanya penerima yang dimaksud dapat melihatnya. Jika kamu mempertimbangkan untuk membeli dari sistus yang URL-nya dimulai dengan http://, berhati-hatilah dengan informasi yang kamu bagikan. Tanda-tanda lain dari situs yang aman adalah logo kunci tertutup atau kunci tidak terputus di bagian bawah layer.
5. Pastikan kamu menggunakan sumber pembayaran yang aman
Membeli barang secara online akan sangat aman jika kamu menggunakan Kartu Kredit atau Debit yang memilki 3D Secure. Kartu ini diaktifkan dengan system One Time Password atau kata sandi sekali pakai yang akan muncul ketika digunakan sebelum melakukan transaksi. 3D Secure Dynamic PIN ini merupakan mekanisme keamanan tambahan yang lebih ditujukan untuk keamanan berbelanja online. Konsep dasar dari sistem ini adalah untuk menghubungkan proses otoritas finansial dengan otentikasi online. Otentikasi dilakukan berdasarkan 3 domain (maka diberi nama 3D), di bawah ini:

  • Domain pengakuisisi (pihak merchant dan bank di mana uang dibayarkan)
  • Domain bank penerbit Kartu Kredit maupun Debit
  • Domain payment gateway (sistem yang memproses transaksi)

Sistem pembayaran dengan 3D Secure ini dikembangkan oleh Arcot System, Inc yang digunakan oleh VISA (Verified by Visa), MasterCard (MasterCard SecureCode), JCB (J/secure), dan American Express (American Express Safekey).

PT. EmpatKali Indonesia adalah perusahaan Fintech P2P. Kami menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk melindungi data pengguna kami. Semua pembelian menggunakan EMPATKALI dilakukan dengan kartu 3D Secure untuk memastikan keamanan ekstra. Kami bekerjasama dengan Midtrans, sebagai payment gateway terkemuka dan paling dapat diandalkan di Indonesia yang juga menerapkan standar keamanan PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).