TKB90: 98.73%

Semua Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Budgeting

February 16th, 2019

Kesulitan mengatur pendapatan bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga kamu mengalami kesulitan dalam mengatur pengeluaran bulanan. Tidak jarang malah, kamu sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Maka dari itu, perencanaan keuangan atau budgeting diperlukan agar kesalahan-kesalahan dalam mengelola keuangan tidak terulang setiap bulannya.

Apa itu budgeting?

Pada dasarnya budgeting adalah rencana terhadap uang yang kamu miliki. Budgeting berarti kamu mengeluarkan uang dengan tujuan, sebelum bulan dimulai. Membuat rencana pengeluaran ini memungkinkan kamu untuk menentukan terlebih dahulu apakah kamu akan memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal yang perlu kamu lakukan atau ingin lakukan. Jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk melakukan semua yang ingin kamu lakukan, maka kamu dapat menggunakan proses perencanaan ini untuk memprioritaskan pengeluaran kamu dan memfokuskan uang yang dimiliki pada hal-hal yang paling penting untuk kamu.

Kenapa harus melakukan budgeting?

Membuat budgeting sama hal nya dengan kamu menyiapkan weekly meal prep. Budgeting membutuhkan sedikit usaha di awal, namun memberikan kemudahan untuk satu bulan penuh. Budgeting yang baik akan sangat membantu kamu untuk:

  • Memastikan kamu untuk tidak menghabiskan uang yang tidak kamu miliki
  • Membantu mempersiapkan untuk hal-hal darurat
  • Terhindar dari kebiasaan pengeluaran yang tidak baik
  • Memiliki kontrol terhadap keuanganmu

Ketika kamu melakukan keputusan yang berhubungan dengan keuangan sebelum gajian tiba, kamu mengarahkan ke mana uang kamu akan digunakan, bukan malah bertanya-tanya ke mana uang saya pergi. Perencanaan terhadap keuangan ini juga akan membuat kamu terbebas dari utang.

Bagaimana cara membuat rencana budget bulanan?

Kamu sekarang sudah tahu apa itu budgeting dan kenapa budgeting penting. Saatnya kamu mulai membuat rencana untuk mengontrol keuanganmu. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membantu kamu membuat rencana budget bulananmu:

  • Lakukan anggaran sebelum bulan dimulai
  • Catat semua pemasukan untuk bulan depan
  • Catat setiap pengeluaran untuk bulan depan
  • Sesuaikan uang yang keluar masuk sampai pendapatan dikurangi pengeluaran sama dengan nol

Setiap saat kamu melakukan budgeting, pastikan persentasi anggaran sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa juga untuk tetap awasi dan perhatikan setiap pengeluaran kamu agar tetap pada rencana yang sudah ditentukan di awal.

Di era yang canggih seperti sekarang ini semuanya mudah, termasuk perencanaan keuangan, bahkan Anda dapat melakukannya dari ponsel Anda. Oleh karena itu EMPATKALI hadir untuk bisa menjadi teman yang membantu kamu untuk berbelanja dengan bijak, sehingga kamu bisa tetap terlihat stylish tanpa menggangu budget bulananmu.